3 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan memang adalah hal yang cukup aneh bagi banyak perempuan. Tidak hanya karena bahagia, tetapi juga rasa heran akan kondisi badan yang mendadak melar. Daripada terus bingung dengan berat badan yang naik, Mam bisa lakukan tiga hal ini untuk menurunkan berat badan dengan cara muda. Tidak instan, tetapi Mam akan bisa merasakan kondisi badan Mam berangsur membaik dengan tiga cara berikut!

Tidak ada kata lain selain olahraga

Selama bisa berjalan, tidak ada alasan untuk tidak bergerak. Bila merasa harus menggendong bayi, gendong saja bayi Mam bersama ketika Mam berjalan. Waktu umum bagi seorang ibu yang baru melahirkan untuk bisa beraktifitas lagi dengan sempurna adalah (maksimal) enam minggu. Setelahnya, Mam bisa beraktifitas seperti biasa kembali. Selain itu, dengan bergerak Mam juga bisa merasa lebih hidup daripada sebelumnya, karena banyak ibu baru yang merasakan postpratum depression setelah melahirkan.

Mam tidak perlu berolahraga berat seperti sebelumnya dalam minggu pertama ketika mulai akan berolahraga kembali. Cukup berjalan saja dalam waktu yang cukup (20-60 menit) sehingga  badan Mam akan terbiasa dengan bergerak dalam jangka waktu yang panjang. Setelahnya, cobalah untuk mulai jogging di pagi hari.

Bila buah hati memang tidak bisa ditinggal, gendong bayi dan mulai berjalan cepat. Tetapi tidak ada salahnya lho untuk meminta tolong Ayah menjaga bayi sebentar ketika Ayah tidak sibuk dan sempatkan waktu untuk berolahraga.

Jalan-jalan dengan stroller bisa jadi pilihan

Bila merasa berat menggedong buah hati sambil berjalan, Mam bisa menggunakan stroller untuk berolahraga dengannya. Posisikan stroller sejauh 5-6 inci dari badan, jangan didorong dalam keadaan yang terlalu dekat.

Gunakan 5 menit pertama untuk berjalan dengan kecepatan biasa, jangan lupa untuk menegakkan badan. Hal ini dilakukan untuk pemanasan sebelum masuk ke 18 menit berjalan dengan kecepatan lebih tinggi. Hindari jalan yang naik turun karena akan memberatkan punggung Mam, sebaiknya juga hindari jalanan dengan permukaan yang kurang rata karena bisa membuat kaki tidak nyaman.

Setelahnya, gunakan waktu 3 menit untuk melakukan pendinginan agar badan tidak terasa kaku esok hari.

Jangan lupa, atur pola makan

Tidak hanya olahraga, mengatur pola makan juga baik untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Kalau bisa, jangan konsumsi gorengan sebelum berat badan kembali. Konsumsi makanan yang baik juga akan menghasilkan ASI yang baik, ingat itu ya, Mam!

Inilah tiga cara mudah untuk mengembalikan berat badan pasca melahirkan, intinya Mam tidak boleh malas dalam menggerakkan badan dan mengatur pola makan. Gunakan video di Youtube untuk membantu Yoga pasca melahirkan juga bisa jadi pilihan yang baik, kok!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :