Bagaimana Cara Membentuk Keluarga yang Harmonis?

Membentuk keluarga yang harmonis merupakan dambaan setiap orang. Dengan adanya harmoni dalam keluarga, maka akan tercipta atmosfer yang nyaman dalam rumah. Namun, untuk membentuk keluarga harmonis ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Simak beberapa tips untuk menciptakan suasana harmonis bagi keluarga Mam di bawah ini.

Hargai Hak Masing-masing

Setiap manusia memiliki hak yang berbeda-beda. Begitu pula dengan tiap-tiap anggota keluarga Mam. Hak yang harus dipenuhi Mam dan Ayah tentu saja akan berbeda, termasuk juga hak Si Kecil. Untuk menciptakan harmoni dalam keluarga, menghargai hak tiap-tiap anggota keluarga merupakan suatu poin krusial.

Jika setiap anggota dalam keluarga Mam dapat menghargai hak masing-masing, maka Mam tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan rasa hormat dari anggota keluarga yang lain. Dengan menghargai hak juga, Mam dapat menghindarkan keluarga dari rasa kecewa yang bisa menimbulkan konflik.

Berikan Kasih Sayang

Kasih sayang penting adanya dalam setiap hubungan. Tanpa adanya kasih sayang, suasana yang harmonis juga tidak akan mungkin terwujud. Begitu pula untuk membentuk keluarga yang harmonis, Mam perlu melimpahkan kasih sayang pada seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali. Berikan kasih sayang dan rasa cinta pada Ayah dan Si Kecil dengan adil.

Apabila setiap anggota keluarga mendapatkan kasih sayang yang merata maka rasa memiliki (sense of belonging) mereka akan keluarganya akan lebih besar. Jika sense of belonging tinggi, maka keluarga yang harmonis tidak akan mustahil untuk diwujudkan.

Komunikasi yang Baik

Mam mungkin sering mendengar bahwa kunci dari segala macam hubungan adalah komunikasi yang baik. Hal itu juga berlaku dalam keluarga. Untuk menciptakan suasana harmonis dalam keluarga Mam, komunikasi yang baik juga harus ada.

Ajak Si Kecil mendiskusikan masa depannya atau tanyakan hal-hal apa yang membuat merasa tidak nyaman, ini akan membuat Si Kecil merasa dilibatkan dalam urusan keluarga. Dengan melibatkan Si Kecil pada diskusi keluarga, ia dapat membantu Mam untuk menyelesaikan urusan keluarga di masa mendatang.

Bagilah Kewajiban dengan Rata

Beri penjelasan pada Si Kecil bahwa keluarga merupakan sebuah tim yang harus menyelesaikan tiap problem bersama-sama. Tujuannya adalah supaya ia mengerti bahwa keluarganya merupakan satu kesatuan. Ini juga untuk memberi pengertian bahwa dalam keluarganya, Si Kecil juga memiliki kewajiban tertentu yang harus diselesaikan.

Diskusikan dengan Ayah bagaimana harus membagi kewajiban keluarga. Ketahui apa kelebihan dan kekurangan masing-masing anggota keluarga. Pahami juga apa yang sebenarnya Mam inginkan dari Si Kecil, kemudian sampaikanlah hal tersebut pada Si Kecil. Hal ini akan memudahkan Si Kecil untuk mengerti bagaimana posisinya dalam keluarga.

Itu dia beberapa cara yang dapat Mam coba untuk membentuk keluarga harmonis. Selamat mencoba Mam!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :