Mam, Inilah 5 Langkah Mudah Merawat Kuku yang Bisa dilakukan di Rumah

Photo credit: Pexels

Merawat kuku sudah seharusnya dilakukan secara rutin baik di rumah ataupun di salon kecantikan. Manicure dan pedicure wajib dilakukan secara rutin di salon kecantikan demi penampilan kuku yang paripurna. Tapi, setelah menikah dan punya anak, masihkah Mam memiliki waktu untuk pergi ke salon melakukan perawatan untuk kuku agar tetap bersih dan rapi? Jika tidak, tak perlu khawatir karena di bawah ini ada perawatan rumahan dengan bahan alami yang bisa Mam lakukan untuk merawat keindahan kuku.

Menjaga kesehatan kuku dengan minyak zaitun

Minyak zaitun memang sudah sangat sering digunakan dalam perawatan kecantikan tubuh wanita. Kini, akan dibahas manfaat minyak zaitun untuk merawat kuku agar tetap sehat dan kuat. Tampilan kuku yang bersih dan rapi tidak akan sempurna jika tidak dibarengi dengan kesehatan yang terjaga. Salah satu ciri kuku sehat adalah memiliki jaringan yang kuat.

Salah satu yang bisa menguatkan jaringan kuku adalah minyak zaitun. Perawatan ini bisa Mam lakukan di rumah di sela-sela aktivitas rumah tangga dengan cara mengoleskannya pada kuku. Sebelum dioleskan pada kuku, terlebih dahulu Mam harus menghangatkan minyak zaitun. Setelah terasa sedikit hangat, oleskan ke permukaan kuku dengan menggunakan cotton bud. Tunggu selama lima belas hingga dua puluh menit, kemudian bilas dengan air biasa untuk membersihkannya,

Menghilangkan kotoran kuku dengan belimbing wuluh

Mam pasti sudah tidak asing dengan belimbing wuluh. Ya, salah satu bahan makanan yang biasanya digunakan untuk memasak sayur asam ini bisa menghilangkan kotoran kuku dengan cara digosokkan pada permukaannya. Selain memberikan tampilan kuku yang bersih, kandungan vitamin C pada belimbing wuluh juga bisa memberikan kelembapan alami.

Mam hanya perlu menggosokkannya pada ujung kuku agar bisa meresap ke dalam dan memberikan kelembapan alami. Kemudian, gosokkan juga pada permukaan kuku. Setelah ditunggu dalam beberapa menit, bersihkan dengan air bersih. 

Bawang putih sebagai pencegahan serangan jamur

Bahan masakan lainnya yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kuku adalah bawang putih. Sama dengan belimbing wuluh, Mam bisa menggosokkan bawang putih yang sudah dibelah ke permukaan kuku. Meski mungkin baunya agak menyengat daripada belimbing wuluh, tapi khasiat yang diberikan sangat luar biasa.

Salah satunya adalah menghindarkan serangan jamur pada kuku yang pastinya akan merusak tampilannya. Di samping itu, bawang putih juga bisa menguatkan kuku agar tidak mudah rapuh hingga patah. Sangat cocok bagi Mam yang ingin memiliki kuku agak panjang.

Memperbaiki kuku kaki dengan jeruk nipis

Kuku jari kaki sangat rentan patah atau rusak, untuk memperbaikinya, Mam bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk merawat kuku kaki. Bahkan, untuk struktur kuku kaki yang sudah telanjur rusak, jeruk nipis bisa membantu memperbaikinya. Caranya adalah dengan merendam kuku kaki selama kurang lebih lima belas menit dengan air hangat yang dicampur perasan jeruk nipis, dan sedikit garam.

Mentega bisa membuat kuku lebih mengkilap

Agar kuku jari tangan maupun kaki terlihat mengkilap seperti habis manicure pedicure, Mam bisa menggantinya dengan mentega. Lelehkan terlebih dahulu mentega hingga teksturnya berubah menjadi cair. Tunggu sampai sedikit dingin, lalu oleskan ke permukaan kuku. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan air. Perawatan kuku ini bisa membuatnya lebih bersih dan terawat.

Bagaimana Mam, sangat mudah kan merawat kuku agar lebih cantik dan bersih?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :