Mengapa Mencuci Muka Sebelum Tidur Itu Penting?

Photo credit: Flickr

Siapa Mam disini yang sering malas mencuci muka sebelum tidur? Lelah setelah seharian penuh melakukan pekerjaan, pasti membuat Mam inginnya cepat tidur saja.  Tapi, membiarkan makeup bertahan di muka semalam suntuk juga bisa menyebabkan kulit kusam dan mudah berjerawat. Jika Mam masih termasuk orang yang langsung tidur saja tanpa mencuci muka terlebih dahulu, baca pentingnya cuci muka sebelum tidur di bawah ini!

Bukan sekadar membersihkan makeup

Mencuci muka sebelum tidur tak hanya sekadar untuk membersihkan makeup yang dikenakan selama pagi hingga siang hari. Lebih dari itu, mencuci muka sebelum tidur juga sebagai bentuk perawatan kesehatan untuk kulit wajah. Meskipun dalam satu hari Mam tidak memakai makeup, tetapi tetap saja wajah terkena paparan debu, kuman, dan kotoran. Jika dibiarkan, maka pori-pori wajah akan tersumbat sehingga menjadi penyebab timbulnya jerawat, komedo, dan kulit yang kasar.

Jadi, meski Mam jarang memakai makeup, tetap harus cuci muka untuk menghilangkan partikel-partikel tersebut dari wajah. Mencuci muka akan memperbaiki sel-sel kulit di dalamnya, serta mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Sehingga kulit tetap bersih dan cerah.

Mencegah penuaan dini

Bertambah tua memang tidak bisa dicegah, tetapi penampilan tetap bisa dijaga agar awet muda. Jika Mam tidak ingin timbul kerutan, bintik-bintik, serta garis-garis halus tanda penuaan, hal tersebut bisa diakali dengan rajin mencuci muka saat malam hari. Tapi, tidak menggunakan facial wash atau facial foam, melainkan dengan air hangat. Air hangat yang menyentuh wajah akan menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Mam juga bisa menambahkan air hangat tersebut dengan air jeruk nipis, air jeruk lemon, madu, atau air mawar. Beberapa bahan alami ini akan menjaga elastisitas kulit agar membuatnya tetap kenyal dan elastis. Sehingga menghasilkan kulit wajah yang segar dan berseri.

Sebagai relaksasi untuk menghilangkan stres

Mengerjakan pekerjaan kantor ataupun pekerjaan rumah tangga sama-sama menguras energi dan pikiran. Agar tida terlalu capek sehingga berujung pada stres, cobalah Mam rutin mencuci muka sebelum tidur. Ini karena basuhan air pada wajah bisa merilekskan otot-otot wajah sehingga tidak tegang. Guyuran air juga akan menenangkan dan menyejukkan pori-pori di wajah.

Mencegah infeksi di area mata dan kerontokan bulu mata

Siapa yang berpikir bahwa kosmetik yang Mam kenakan sehari-hari aman utuk dipakai satu hari penuh? Eye shadow yang Mam aplikasikan pada kelopak mata, meski terlihat sedikit, tapi nyatanya bisa menyebabkan infeksi jika tidak dibersihkan dengan benar. Ini karena di bagian kelopak mata terdapat kelenjar minyak dan folikel rambut yang kecil. Jadi, jika eye shadow dibiarkan terus menerus disitu, bisa menyumbat sehingga infeksi.

Makeup lain di area mata yang terkadang entah sulit atau memang malas membersihkannya adalah maskara. Padahal maskara jika bertahan terlalu lama pada bulu mata bisa menyebabkan kerontokan. Mam pasti tidak ingin bangun tidur dengan bulu mata yang rontok dan rusak.

Melancarkan sirkulasi darah

Mencuci wajah dengan air hangat ternyata juga bisa digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah. Rasa hangat akibat guyuran air pada wajah juga bisa meresap hingga ke saraf sehingga bisa digunakan untuk menjaga kesehatanya. Jika rutin dilakukan, Maka kulit Mam akan lebih terlihat bersih terawatt.

Mencuci wajah sebenarnya juga tidak harus dilakukan tepat sebelum tidur Sesaat setelah pulang kantor atau ketika Mam sudah akan bersantai, ada baiknya mencuci muka terlebih dahulu. Jadi, ketika bersantai lalu kemudian tanpa sadar tertidur, wajah sudah dalam kondisi bersih.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :