Amankah Menggunakan Kosmetik Selama Hamil?

Tampil cantik dan menggunakan makeup telah menjadi keharusan bagi perempuan, meskipun dalam kondisi hamil sekalipun. Namun, kosmetik tidak selamanya aman bagi kesehatan janin.

Menjalani proses kehamilan bukanlah tantangan atau hambatan bagi sebagian besar ibu hamil untuk tetap tampil cantik di setiap aktivitas yang dilakukannya. Namun, terkadang hal ini menjadi senjata makan tuan, karena tanpa disadari beberapa bahan kosmetik yang digunakan tidak aman dan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kehamilan.

Beberapa bahan dasar kosmetika, seperti merkuri, timah hitam, dan alumunium sangatlah tidak baik bagi pertumbuhan janin. Karena, bahan kimia yang terkandung dalam kosmetika tersebut, baik yang digunakan dalam produk wajah, tangan, maupun rambut akan diserap oleh tubuh melalui pori-pori kulit dan pada akhirnya sampai ke aliran darah yang berujung pada janin.

Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mencermati setiap kandungan bahan kimia kosmetika yang digunakan, agar tidak menimbulkan masalah terhadap kesehatan kehamilan. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat memilih dan menggunakan kosmetika tersebut:

Hentikan Penggunaan Pencerah Kulit

Sebaiknya ibu hamil tidak menggunakan krim pencerah kulit selama masa kehamilan karena tidak bermanfaat dan sia-sia. Hal ini disebabkan hormon kehamilan akan membuat kulit lebih menggelap selama hamil. Sehingga menghitamnya kulit merupakan proses alami yang memang biasa terjadi pada saat kehamilan.

Hindari Area Leher

Sebaiknya ibu hamil menghindari daerah leher saat menyemprotkan parfum, sebab indra penciuman ibu hamil akan lebih sensitif, sehingga aroma parfum tersebut bisa jadi berpotensi menimbulkan reaksi alergi, baik pada kulit maupun hidung.

Gunakan Produk Rambut yang Alami

Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan pengeritingan atau pelurusan rambut,

karena bahan dasar yang dipakai untuk proses tersebut mengandung unsur kimia yang cukup keras dan pastinya sangat tidak baik untuk pertumbuhan janin.

Tes Alergi

Kehamilan terkadang menyebabkan ibu hamil mengalami ketidakcocokan dengan kosmetika yang telah digunakan biasanya. Akibatnya, sering kali menimbulkan alergi, sehingga cermatilah kosmetika yang bisa membuat alergi selama kehamilan.

Terlahir dari rahim seorang ibu yang sangat luar biasa dalam membesarkan dan menjaga buah hatinya telah menginspirasi saya untuk menularkan semangat hebat sosok wanita tersebut dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat membantu para ibu dan mama dalam merawat dan memelihara buah hati tercinta.

Related Posts

Comments :