Begini Tips Merawat Kaki Indah

Meskipun kaki merupakan bagian tubuh yang mungkin tidak terlalu sering dilihat, namun kaki tetap harus dirawat. Kaki yang indah bukan sekadar soal mulus, namun juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi Mam untuk menjaga kebersihan kuku dan kaki melalui perawatan ekstra. Nah, untuk merawat kaki indah, ada beberapa tips yang bisa Mam lakukan. Penasaran? Berikut informasi lengkapnya!

Gunakan alas kaki yang pas

Menggunakan alas kaki yang pas merupakan cara pertama yang bisa Mam lakukan untuk merawat keindahan kaki. Hal ini penting, khususnya bagi Mam yang sehari-hari menghabiskan banyak waktu untuk berdiri, baik untuk bekerja atau kegiatan lainnya. Menggunakan alas kaki atau sepatu yang pas, baik ukuran, bentuk hingga bahan merupakan hal krusial.

Menggunakan sepatu yang tidak pas hanya akan mengurangi keindahan kaki. Jika terlalu sempit, sepatu dapat membuat kaki terluka, tergores, bahkan kapalan. Apalagi jika ingin menggunakan sepatu baru, pastikan pilih yang berbahan nyaman. Karena kebanyakan sepatu butuh beberapa waktu untuk nyaman dipakai dalam waktu lama.

Rendam kaki sesekali

Dari waktu ke waktu, wajar apabila kaki menjadi kering dan kasar. Nah, untuk menjaga kebersihan dan kelembapannya, pastikan Mam menyiram kaki secara rutin. Banyak jenis foot baths di luar sana, namun merendam kaki dalam air hangat sudah dapat menjadi solusi. Mam juga bisa menambahkan olive oil untuk kelembutan maksimal dan rendam kali selama 10-15 menit.

Bersihkan kaki dengan sabun

Setiap kali mandi, pastikan Mam membersihkan kaki dengan sabun. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menumpuk di kaki. Bersihkanlah kaki secara menyeluruh hingga ke celah-celah jari kaki untuk menghindari penumpukan bakteri. Untuk hasil terbaik, kamu juga bisa melanjutkan dengan scrub untuk mengangkat kulit mati yang terdapat pada kaki.

Selalu mencuci kaki setelah melepas alas kaki

Apabila Mam seharian menggunakan alas kaki, maka kaki cenderung menjadi kering. Kulit kaki yang kering dapat menyebabkan berbagai masalah kaki mulai dari pecah-pecah, kasar, dan kusam. Oleh karena itu, pastikan Mam selalu mencuci kaki setelah melepas alas kaki. Kebiasaan ini tidak hanya untuk membuat kaki tidak kering, namun juga untuk menjaga kebersihannya.

Rutin menggunting kuku

Kuku kaki yang terlalu panjang tidak baik karena akan lebih mudah kotor. Oleh karena itu, sebaiknya Mam rutin menggunting kaki. Mam bisa melakukan perawatan sederhana dengan merendam kaki dalam 1liter air hangat yang sudah ditambahkan 1 sendok garam selama 15-20 menit.

Bersihkan kotoran di bagian pinggir kuku menggunakan dental floss secara perlahan. Berikan antiseptik di area kuku dan tutupi dengan plester agar terhindar dari infeksi. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk menjaga kuku kaki lebih sehat dan bersih.

Itulah beberapa tips yang bisa Mam lakukan untuk merawat kaki indah. Ingat ya Mam, merawat kaki indah bukan sekadar untuk keindahan, namun juga untuk kebersihan dan kesehatan bagian tubuh Mam. Selamat mencoba!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :