Body Lotion vs Body Butter, Ketahui Beda dan Khasiatnya!

Memiliki kulit sehat dan lembap tentu merupakan impian setiap Mam. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan menggunakan produk pelembap seperti body lotion dan body butter. Meskipun sama-sama produk pelembap kulit, tapi keduanya memiliki khasiat yang cukup berbeda. Untuk dapat memilih produk yang paling cocok dan Mam butuhkan, simak dulu informasi perbedaan dan khasiatnya berikut ini!

Perbedaan Body Lotion dan Body Butter

Body lotion merupakan produk bertekstur lebih ringan dan memiliki kandungan minyak yang rendah, tidak melumasi kulit, serta dapat mengakomodasi setiap jenis kulit. Dibanding body butter, lotion mengandung lebih banyak air (beberapa ada yang mengandung 70% air). Manfaat utama lotion menjaga kelembapan alami kulut. Kandungan alpha hydroxyl dan asam hyaluronic di dalamnya dapat membawa sumber air alami kulit dari dermis (lapisan tengah kulit) ke epidermis (lapisan luar kulit).

Sedangkan, body butter merupakan produk pelembap yang memiliki tekstur yang lebih berat, lebih lembap, dan lebih kental dibandingkan dengan lotion. Body butter sendiri terbentuk dari minyak esensial dan butter yang pada dasarnya tidak mengandung air. Pelembap yang mengandung bahan-bahan pelumas seperti butter, shea butter, serta minyak alami ini berfungsi melindungi kulit dengan membuat sebuah penghalang antara permukaan kulit dan unsur luar. Penghalang itulah yang mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari kotoran dan kerusakan.

Perbedaan Khasiatnya

Body lotion merupakan pilihan paling tepat apabila Mam butuh pelembap yang bisa diaplikasikan ke seluruh tubuh. Jika Mam berkulit normal cenderung kering dan tidak terlalu bermasalah, lotion juga tepat digunakan. Lotion dapat mengunci kelembapan kulit yang jika rutin digunakan mampu mengunci kelembapan alami kulit. Kekeringan ekstra yang dipicu cuaca dingin dapat diantisipasi dengan penggunaan lotion.

Selain itu, lotion juga berkhasiat menunda penuaan. Kandungan bahan-bahan anti penuaan di dalamnya seperti hydrolyzed silk yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit yang mengendur akibat faktor usia. Lotion juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Aroma terapi yang terkandung dalam lotion dipercaya bermanfaat menjaga kondisi emosional dan mental seseorang. Lotion beraroma lavander bisa jadi pilihan terbaik untuk mendapat ketenangan dan kenyamanan.

Sedangkan, Body butter paling cocok digunakan pada bagian kulit ekstra kering dan pecah-pecah. Misalnya area siku, lutut, dan tumit. Sebaiknya digunakan pada malam hari sebelum tidur, agar di paginya kulit lembap dan ternutrisi. Body butter akan membentuk penghalang yang berfungsi mengunci kelembapan kulit dalam segala kondisi cuaca sehingga sempurna untuk kulit yang sangat kering.

Untuk Mam yang tengah hamil, disarankan untuk menggunakan produk ini dibanding lotion. Body butter berkhasiat mencegah timbulnya stretchmark akibat kehamilan sehingga biak digunakan. Khususnya pada beberapa area tubuh seperti perut, pinggang, serta paha.

Lotion dan body butter memang sama-sama berkhasiat melembapkan kulit, namun penggunaannya tentu harus berdasarkan jenis kulit dan kebutuhan Mam. Memilih produk yang tepat akan memberikan hasil terbaik. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :