Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Mam, mewarnai rambut itu tidak selamanya harus dilakukan di salon. Selain memiliki harga yang cukup mahal, Anda juga akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit ketika Anda mewarnai rambut di salon. Nah, Mam, daripada harus membuang banyak waktu dan biaya, Anda bisa mewaranai rambut Anda sendiri di rumah, lho!  Ya kalau Anda ingin lebih cepat, Anda juga bisa meminta bantuan orang lain ketika melakukannya. Berikut cara dan juga tipsnya.

Memilih Produk yang Tepat

Mam, sebenarnya mengecat rambut di rumah dan juga di salon itu tidak membutuhkan peralatan yang terlalu banyak, kok! Saat ini, Anda juga sudah bisa menemukan begitu banyak produk pewarna rambut yang sudah dijual di pasaran. Dalam hal memilih, Anda bisa memilihnya dengan menyesuaikan dana dan juga warna yang sesuai dengan Anda. Berbicara mengenai tekstur, Anda bisa menemukan pewarna rambut mulai dari pewarna rambut cair, busa atau krim.

Mempersiapkan Peralatan Mewarnai Rambut

Ketika Anda ingin mengecat rambut di rumah, ada beberapa peralatan yang harus disiapkan. Peralatan tersebut berupa sarung tangan plastik, petroleum Jelly, sisir, jepit rambut, kain lap,  dan handuk. Petroleum jelly diharuskan ada karena gel ini bisa melindungi kulit Anda dari cat rambut, jika cat rambut sudah terlanjur mengenai kulit biasanya pipi dan leher, Anda bisa membersihkannya dengan kapas yang sudah ditetesi dengan minyak zaitun.

Proses Pewarnaan

Ternyata proses mewarnai rambut akan lebih memberikan hasil yang maksimal ketika Anda belum mencuci rambut. Hal ini dikarenakan adanya minyak alami pada rambut yang bisa membantu melindungi helai demi helai rambut Anda ketika dicat. Agar bisa memulai pengecatan, Anda bisa mengikuti instruksi yang sudah tersedia di kotak kemasan cat rambut. Guna mempermudah, Anda juga bisa memisahkan rambut Anda menjadi empat bagian dan lakukan pengecatan sedikit demi sedikit.

Ketika sudah mewarnai rambut, tunggulah sekitar 25 hingga 45 menit agar warna yang Anda aplikasikan menyerap sempurna. Setelah menunggu, cucilah rambut tersebut dengan air dingin tanpa shampoo tapi boleh menggunakan conditioner saja.

Jika warna rambut tidak sesuai, atau menghasilkan hasil yang terlalu gelap, terlalu abu-abu atau hijau, Anda bisa menyiasatinya dengan cara mencampur baking soda dengan sampo serta air perasan lemon. Gunakan campuran tersebut pada rambut yang dengan basah dan diamkan selama 5-15 menit.

Membersihkan Pewarna Rambut di Pelipis

Mewarnai rambut sendiri di rumah memang penuh risiko. Biasanya risiko yang umum terjadi adalah pewarna rambut yang tersisa berantakan di sekitar pelipis. Nah, kalau Anda mengalami kejadian ini maka siasatilah dengan membersihkan pewarna rambut tersebut dengan handuk hangat dan sabun cair. Usapkan dengan lembut di pelipis hingga pewarna yang menempel mulai hilang dari pelipis.

Nah, Mam, itulah beberapa tips dan cara mewarnai rambut Anda sendiri di rumah. Mudah,kan? Jika tidak ingin repot dan lebih praktis, Anda bisa memilih produk pewarna rambut yang memiliki formula non drip. Sehingga tidak mudah menetes dan berantakan di pelipis ataupun di leher serta pundak Anda.

Baca juga : 

Hamil Jadi Lebih Cengeng?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :