Rambut Si Kecil Rontok? Begini Solusinya

Permasalahan rambut rontok memang menjadi satu masalah yang sering dialami oleh semua orang,termasuk anak-anak. Mam mungkin juga bingung mengapa rambut rontok pada si kecil ini bisa terjadi. Sebenarnya ada begitu banyak penyebab dari rontoknya rambut pada si kecil, mulai dari mengikat rambut terlalu kencang, infeksi jamur pada kulit kepala, kekurangan gizi, hingga stress. Nah, Mam, daripada pusing, berikut beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut pada si kecil.

Menggunakan Minyak Zaitun

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan rambut rontok pada si kecil adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak tersebut ke rambut si kecil secara rutin. Miyak zaitun memang dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga menyuburkan rambut.

Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga dipercaya mampu mengatasi rambut rontok pada si kecil,lho, Mam! Minyak kelapa juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya mudah, Anda hanya pelru memanaskan  minyak kelapa sampai hangat(bukan mendidih) lalu pijatkan secara lembut ke kulit kepala si kecil dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu bilaslah rambut si kecil dengan air bersih.

Madu

Siapa yang masih meragukan manfaat dari super food satu ini ? Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, madu juga ternyata bagus untuk mengatasi rambut rontok pada si kecil, Mam!

Jika Anda ingin menggunakan madu sebagai salah satu solusi permasalahan rambut rontok si kecil, Anda hanya perlu mengoleskan madu tersebut pada rambut anak dengan lembut dan diamkan selama 30-40 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin selama 3-4 kali seminggu. Perlu Anda ketahui pula kalau madu ini akan membantu rambut Anda menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Makan Sayur

Mam, seperti yang sudah dibahas pada awal artikel salah satu penyebab dari kerontokan rambut adalah kekurangan gizi. Nah, mungkin pola makan si kecil tidak begitu teratur dan kurang serat serta vitamin dari sayur. Mam, sayuran memiliki kandungan zinc yang bermanfaat untuk menjaa kesehatan rambut. Agar rambut si kecil tetap terjaga, pastikanlah ia rajin mengkonsumsi sayuran yang cukup,ya, Mam!

Potong Rambut Si Kecil

Mam, ada fakta menarik dari rambut rontok, jika rambut yang dimiliki si kecil semakin panjang maka cenderung lebih mudah rontok dibandingkan dengan yang rambut pendek. Mungkin ini juga yang menjadi salah satu penyebab mengapa rambut si kecil rontok. Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan memotong rambut si kecil menjadi lebih pendek. Rambut yang pendek akan menghindarkan anak Anda dari masalah rambut rontok.

Jika Masalah Serius, Hubungi Dokter

Mam, kalau permasalah rambut rontok si kecil sudah terlalu kronis mungkin Anda harus segera membawa si kecil ke dokter dan berkonsultasi. Para dokter akan memberikan perawatan yang tepat dan juga mengetahui kemungkinan ada indikasi penyakit lainnya.

Nah, Mam, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan kerontokan rambut si kecil.

 

Baca juga: 

Yang Perlu Dihindari dalam Memberi Nama Bayi

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :