5 Kesalahan Penggunaan Pil KB

Mam pasti sudah tahu dengan salah satu jenis kontrasepsi pencegah kehamilan yaitu pil KB. Umumnya pil KB digunakan untuk menurunkan peluang kehamilan dan diberikan kepada wanita yang sedang tidak merencanakan kehamilan. Ada berbagai macam pil KB yang harus rutin diminum setiap harinya jika Mam memilih kontrasepsi ini. Selain itu, masih ada beberapa kesalahan dalam penggunaan pil KB yang bisa meningkatkan peluang kehamilan.

  1. Lupa meminum pil KB

Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi yang diharuskan untuk dikonsumsi rutin setiap hari dan memiliki lebih dari satu jenis. Mam harus rajin untuk meminum semua pil KB yang diberikan dokter dan tidak boleh melewatkannya satu hari pun. Mam juga harus memastikan bahwa semua pil KB yang diberikan sudah dikonsumsi semua.

 

Jika Mam tipe orang yang pelupa, buatlah alarm pengingat untuk meminum pil KB setiap harinya. Karena jika terlewat satu hari saja, bisa meningkatkan presentasi kehamilan untuk terjadi. Terlebih jika Mam melakukan hubungan dengan suami di saat lupa meminum pil KB. Tidak teratur minum pil KB juga bisa menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang. Jika Mam lupa satu hari saja tidak mengonsumsi pil KB maka Mam harus mengulang kembali aturan minum pil dari awal selama seminggu berturut-turut.

 

  1. Meminum pil KB di jam yang berbeda

Selain harus rutin dikonsumsi setiap hari, pil KB juga harus diminum di jam yang sama setiap harinya. Karena, pil KB akan lebih efektif jika waktu konsumsinya tepat di jam yang sama setiap harinya. Hal ini karena pil KB dirancang agar secara konstan mempertahankan kadar hormon reproduksi dalam tubuh wanita. Jika tidak pada waktu yang tepat sama setiap harinya, menyebabkan kadar hormon turun drastis dan memicu ovulasi serta meningkatkan peluang untuk hamil.

 

Kesalahan ini masih sering dilakukan Mam yang tidak tahu bahwa pil KB harus diminum di jam yang sama setiap harinya. Terlebih jika pil KB tersebut hanya mengandung progestin, Mam harus benar-benar memperhatikan waktu konsumsinya karena bahan aktif dalam pil tidak bertahan dalam sistem tubuh untuk waktu yang lama dan umumnya hanya 24 jam saja. Meminum pil KB di jam yang berbeda-beda bahkan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti perdarahan.

 

  1. Penggunaan pil KB bersamaan dengan alkohol dan obat-obatan tertentu

Efek konsumsi pil KB tidak akan efektif jika penggunaan pil dilakukan bersamaan dengan pengobatan lainnya. Karena beberapa bahan obat memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bisa saja ada zat obat dari pengobatan Mam yang akan menurunkan tingkat efektivitas dari pil KB dan malah meningkatkan peluang kehamilan. Bisa juga terjadi komplikasi pada tubuh akibat penggunaan berbagai jenis obat dalam waktu yang sama.

 

Beberapa jenis pengobatan yang memengaruhi kerja pil KB adalah antibiotik seperti rifampin, obat infeksi jamur, obat untuk HIV, dan suplemen tubuh tertentu. Konsumsi alkohol bersamaan dengan pil KB juga akan menyebabkan kerja pil tidak sempurna karena alkohol bersifat menghilangkan fungsi kerja pil KB. Maka dari itu Mam haru memastikan bahwa tidak sedang melakukan pengobatan lain yang bersamaan dengan penggunaan pil KB.

 

  1. Cara penyimpanan pil KB yang salah

Pil KB haruslah disimpan di tempat dengan suhu ruang pada umumnya. Hal ini untuk menjaga kualitas dan efektivitas pil. Jika pil KB ditempatkan pada ruang dengan suhu yang lebih dingin ataupun lebih hangat, maka akan mengurangi daya kerja pil. Mam jangan sampai meninggalkan pil KB di tempat yang tidak memiliki suhu ruang seperti tertinggal di dalam mobil, di dekat kompor, atau di ruangan dengan suhu yang dingin.

Jika Mam meletakkan dan menyimpan pil KB di tempat yang tidak tepat maka akan mengurangi kualitas pil dan meningkatkan terjadinya kehamilan. Maka, Mam harus berhati-hati juga memilih tempat penyimpanan dengan suhu ruang yang pas.

  1. Tidak menyiapkan kontrasepsi cadangan

Meskipun pil KB sudah rutin diminum setiap hari di jam yang sama serta disimpan di tempat dengan suhu ruang yang tepat, masih saja ada risiko terjadinya kehamilan karena semua alat kontrasepsi tidak 100% berhasil. Apalagi jika Mam tidak teratur dalam mengonsumsinya. Untuk itu Mam bisa menyediakan kontrasepsi darurat yang disebut morning-after pill. Pil KB ini bisa dibeli bebas di apotek.

 

Nah, Mam itulah tadi beberapa kesalahan yang mungkin masih Mam lakukan selama mengonsumsi pil KB. Semoga Mam bisa mengubah kesalahan yang masih dilakukan agar pil KB bekerja secara efektif.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :