Hari Valentine: 5 Dampak Kurangnya Kasih Sayang Istri Terhadap Suami

Hari Valentine, Valentine, kasih sayang Photo Credit: Pexels

Hari Valentine merupakan momen yang tepat untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan. Memang, menunjukkan kasih sayang tak harus menunggu Hari Valentine datang. Namun, menyiapkan sesuatu yang spesial di Hari Kasih Sayang patut dipertimbangkan. Pasalnya, kurangnya kasih sayang istri terhadap suami bisa berdampak buruk lho, Mam. Apa saja dampak yang dimaksud tersebut? Berikut informasinya!

Kurang bahagia

Dilansir dari liputan6.com, Kory Floyd PhD, pakar kasih dan sayang dari Psycholog Today mengungkapkan bahwa kurangnya kasih sayang bisa berdampak buruk bagi tubuh. Tubuh pun tidak cukup hanya diberi makan, minum, dan istirahat yang cukup saja. Dari penelitian yang pernah Kory lakukan pada tiga belas tahun silam yang melibatkan 509 orang dewasa, kurangnya kasih sayang dapat berdampak merugikan. Salah satunya adalah kurang bahagia. Hanya saja, mungkin banyak orang yang malu untuk mengakuinya, termasuk suami Mam bila ia kekurangan kasih sayang.

Rasa kesepian

Tidak hanya dapat membuatnya kurang bahagia, kurangnya kasih sayang dari istri terhadap suami juga dapat membuat suami merasa kesepian lho, Mam. Bayangkan bila suami sibuk bekerja setiap hari dan pulang tanpa sambutan hangat dari istri, tentu suami Mam akan merasa begitu kesepian. Bila suami merasa kesepian, tentu saja hal tersebut dapat berdampak buruk bagi keharmonisan keluarga. Mam juga pasti tidak ingin rasa kesepian yang dialami suami menuntunnya pada sesuatu yang tidak diharapkan, bukan? Jadi, penting bagi Mam untuk selalu memastikan bahwa suami mendapat kasih sayang yang ia butuhkan.

Stres dan depresi

Rasa kurang bahagia dan kesepian akan membuat suami yang kurang kasih sayang istri menjadi stres dan depresi. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, kondisi denyut jantung yang meningkat dan gula darah naik karena stres sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Suami yang terlalu sering mengalami stres terancam mengalami berbagai kesehatan seperti risiko kanker, jantung, sistem pencernaan terganggu, rambut rontok, hingga masalah berat badan. Suami akan lebih sering mengalami gangguan mood dan merasa cemas berlebihan.

Mengalami kondisi alexithymia

Tahukan Mam apa itu alexithymia? Alexithymia merupakan ketidakmampuan seseorang untuk melakukan identifikasi dan penggambaran emosi dalam diri secara verbal. Suami yang kekurangan kasih sayang dari istri berkemungkinan mengalami kondisi ini secara perlahan-lahan karena merasa kurang disayang ataupun diperhatikan. Suami yang mengalami gangguan kemampuan untuk mengekspresikan emosi yang tengah berkecamuk dalam dirinya lama kelamaan akan cenderung enggan mempunyai keterkaitan dengan orang lain. Tentu saja, kondisi ini sangat mengancam keharmonisan rumah tangga Mam dan pasangan.

 

Nah, itulah beberapa dampak kurangnya kasih sayang istri terhadap suami yang perlu Mam ketahui. Mengingat dampak buruknya cukup banyak, sebaiknya Mam dan pasangan terus membangun komunikasi yang baik dan tunjukkanlah kasih sayang terhadap suami secara terbuka, ya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :