Mam Sibuk Bekerja? Inilah Cara Tunjukkan Perhatian kepada Anak

Mam termasuk wanita karir yang memiliki segudang kesibukan? Tentu akan sulit untuk membagi waktu Anda untuk keluarga. Ini mungkin akan membuat Anda merasa down dan bersalah kepada keluarga. Namun, bersedih bukanlah solusi dari situasi yang demikian. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan perhatian kepada Si Kecil.

Usahakan untuk Tetap Terhubung

Kunci dari setiap hubungan yang harmonis adalah komunikasi. Begitu pula dengan hubungan antara Mam dan Si Kecil. Tidak peduli dengan kesibukan yang menumpuk, usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan Si Kecil. Tujuannya adalah supaya anak merasa selalu diperhatikan oleh orangtuanya.

Bersyukurlah, karena saat ini teknologi telah semakin canggih sehingga komunikasi dapat dilakukan dengan mudah. Anda juga dapat menggunakan cara tradisional dengan meninggalkan pesan melalui kartu ucapan atau post-it di tempat yang mudah dilihat Si Kecil seperti kulkas atau cermin di kamar mereka.

Susunlah Kalender Keluarga

Supaya Anda dapat memberikan perhatian untuk Si Kecil, ingatlah tanggal-tanggal penting. Susun sebuah kalender yang berisi tanggal-tanggal tersebut. Tanggal penting bisa berupa hari ulang tahun, tanggal Si Kecil melakukan pentas, hingga tenggat waktu pembayaran uang sekolah. Anda bisa memanfaatkan fitur kalender dan note yang ada pada smartphone.

Dengan menyusun kalender keluarga seperti ini, Anda tidak akan melewatkan hari-hari yang mungkin penting bagi Si Kecil. Anak akan merasa diperhatikan saat ayah dan ibunya mengingat hari ulang tahunnya atau datang ke pentas drama yang ia mainkan. Kalender ini juga akan membantu Anda untuk mengatur rumah tangga lebih baik lagi.

Sisishkan Waktu Khusus

Waktu memang menjadi hambatan utama saat Anda harus bekerja sekaligus menjadi seorang ibu. Namun Mam, seharusnya hal tersebut tidak menjadi halangan untuk memberikan perhatian kepada Si Kecil. Bagaimanapun juga, quality is over quantity. Waktu yang Anda luangkan untuk anak tidak harus lama, tetapi berkualitas.

Sisihkan waktu di sela-sela kesibukan Anda untuk mendengarkan cerita Si Kecil. Melalui hal ini Anda akan mengetahui perkembangan Si Kecil. Anda juga akan lebih dekat dengan Si Kecil saat mendengarkan ceritanya. Jika Anda punya waktu yang lebih banyak, lakukanlah kegiatan yang menyenangkan di luar rumah seperti ke taman hiburan atau makan bersama.

Kurangi Penggunaan Gadget

Gadget mungkin akan membantu Anda untuk tetap terhubung dengan anak. Tetapi, pada satu titik peralatan ini justru akan menjauhkan Anda dari mereka. Oleh karena itu, kurangilah penggunaan gadget terutama saat berada di rumah. Selain akan mendekatkan Anda dengan anak, mengurangi gadget juga baik untuk kesehatan.

Membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga jelas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semoga tips di atas bisa membantu Mam untuk menyeimbangkan keduanya. Semangat, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :