Mempersiapkan Orang Tua Mam untuk Jadi Kakek dan Nenek

Tak hanya Mam dan Ayah yang senang menyambut kehadiran Si Kecil di dunia, kakek dan neneknya pun juga pasti sangat bahagia. Jika Mam tinggal bersama orang tua, maka kegiatan mengasuh Si Kecil pun tidak akan dilakukan seorang diri oleh Mam. Nah, agar pola mengasuh Si Kecil bisa maksimal, beritahukan cara-cara berikut ini ke nenek dan kakek.

Hindari Memakai Bedak Tabur

Pada umumnya, bayi diberi bedak tabur ketika selesai mandi atau setelah popok diganti saat buang air, dengan tujuan agar aromanya segar dan wangi. Perlu Mam ketahui bahwa partikel-partikel kecil dari bedak tabur dapat terhirup ke dalam pernapasan Si Kecil sehingga bisa membuatnya tersedak atau sesak napas. Jika ingin membuat Si Kecil tetap segar, gantilah bedak tabur dengan lotion pelembap bayi yang bersifat hipoalargenik agar aman untuk Si Kecil. Selain itu, karena pewangi buatan dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi yang sensitif, lebih baik pilih yang fragrance-free.

Tidak Membiarkan Si Kecil Tidur dengan Botol Susu

Bagi beberapa Mam yang karena hal-hal tertentu tidak dapat menyusui Si Kecil, menggunakan susu formula dan memberikannya kepada Si Kecil lewat botol pun menjadi pilihan utama. Menyedot susu adalah hal yang dapat memberikan rasa nyaman bagi para bayi sehingga tak jarang mereka sering melakukannya hingga tertidur pulas. Segera lepaskan botol susu dari mulut Si Kecil jika mereka sudah tertidur. Pasalnya, cairan susu dapat memicu pembusukan gigi, bahkan pada bayi yang belum tumbuh gigi sekalipun.

Buat Posisi Bayi Tidur Tengkurap

Zaman dulu, para orang tua berkata bahwa bayi yang tidur telentang dapat mengurangi risiko cegukan, tetapi tidak terdapat cukup bukti untuk membenarkan hal ini. Beritahukan pada orang tua Mam untuk membuat Si Kecil untuk tidur dalam keadaan tengkurap. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan hal ini pada tahun 1992 dan sejak saat itu, kasus SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) mengalami penurunan hingga 50%.

Kosongkan Box Bayi

Agar Si Kecil senang, biasanya nenek atau kakek akan meletakkan berbagai macam boneka, selimut, dan mainan lain di sekitarnya. Katakan pada nenek untuk tidak melakukan hal ini. Lebih baik letakkan semuanya di luar box. Selain agar Si Kecil memiliki cukup ruang untuk bergerak, mainan dan selimut dapat menjadi tidak aman untuk Si Kecil. Jika Mam takut Si Kecil akan kedinginan saat tidur, Mam bisa memakaikan breathable sleep sacks yang lebih aman.

Tidak Memberi Sereal pada Si Kecil

Bayi akan sering terbangun di malam hari karena merasa lapar. Biasanya, untuk membuat Si Kecil merasa lebih kenyang, seorang nenek akan memberikan sedikit sereal ke dalam susu formulanya. Jangan biarkan hal ini terjadi. Pencernaan bayi belum sepenuhnya sempurna seperti orang dewasa sehingga memberinya sereal berupa rice cracker justru dapat membuat Si Kecil mengalami masalah pencernaan. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan risiko obesitas di kemudian hari. Jadi, pastikan agar hanya susu formula atau ASI yang masuk ke perut bayi.

 

Nah, cara merawat bayi saat ini berbeda dengan zaman dulu, bukan? Kemungkinan hal ini tidak mudah bagi sang nenek, tetapi buatlah agar orang tua Mam mengerti sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan Si Kecil dapat mendapatkan perawatan yang maksimal.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :