Menjadi Orang Tua di Usia Muda, Ini yang Perlu Dipersiapkan

Photo credit: Pexels

Bagi setiap pasangan yang sudah menikah, memiliki anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan. Namun, di sisi lain ada juga pasangan yang merasa belum siap memiliki momongan. Terlebih lagi bagi pasangan yang menikah di usia muda. Meski begitu, Mam tidak perlu khawatir karena berikut akan dibahas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi orang tua di usia muda. Yuk, simak ulasannya sampai habis.

Mendalami dunia anak

Cara pertama dan paling mudah untuk dilakukan sebelum menjadi orang tua adalah mulailah dengan mendalami dunia anak. Untuk hal ini Mam bisa mencoba belajar mengasuh anak dari saudara seperti keponakan atau anak teman. Selain itu,  bisa dengan menghabiskan waktu bermain bersama mereka.

Dengan berada di dekat anak-anak, Mam menjadi tahu karakter mereka. Mam bisa memberikan apresiasi kepadanya dengan memberikan ciuman atau pelukan hangat. Penting pula untuk menjaga kesabaran diri, karena biasanya anak-anak seringkali melakukan hal yang tidak terduga.

Ciptakan sistem yang mendukung

Kondisi sekitar juga menjadi penentu dalam mempengaruhi pola pikir seseorang untuk menjadi orang tua. Oleh karena itu, lebih baik bila Mam menciptakan sistem dan lingkungan yang mendukung. Contohnya saja, Mam bisa berdiskusi, berkumpul dan bertukar pikiran dengan orang tua muda lainnya. Dari sana akan banyak pelajaran baru yang bisa dipetik.

Melalui cara ini wawasan menjadi bertambah dan mampu untuk menyelesaikan permasalahan seputar anak terutama di awal kehadiran Si Kecil. Ingat, bila Mam tidak berkumpul dengan orang tua lainnya maka akan terisolasi dan sikap mengisolasi diri inilah yang membuat tantangan orang tua muda akan semakin berat.

Tanamkan sikap dewasa pada diri sendiri

Jika sebelumnya kita dapat leluasa bersenang-senang bersama pasangan, setelah kehadiran sang buah hati nampaknya Mam perlu mengubah pandangan untuk membagi waktu dengan pasangan dan anak. Maka dari itu, sebaiknya bersikaplah lebih dewasa karena kedewasaan sebagai salah satu bukti Mam sudah siap menjadi orang tua di usia muda.

Banyak pasangan merasa kesulitan di awal-awal mereka memiliki anak. Akan tetapi, dengan sikap dewasa lebih bisa untuk mendiskusikan dan mencari jalan keluar bersama terkait masalah yang dihadapi. Dengan begitu, memiliki anak bukanlah hal yang memberatkan, tetapi justru semakin menyenangkan.

Bagi waktu antara pekerjaan dan keluarga

Sebelum memiliki seorang anak, Mam bisa leluasa bekerja di berbagai tempat. Namun, pola pikir ini sebaiknya patut dirubah ketika sang buah hati lahir. Untuk itu pilihlah pekerjaan yang bersahabat dengan keluarga. Contohnya saja pekerjaan tersebut mendukung bagi kehidupan setelah melahirkan seperti cuti hamil, dan dapat memberikan waktu yang cukup untuk bersama dengan buah hati.

Pekerjaan memang penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, bukankah keluarga adalah hal paling penting di atas segalanya. Bahkan ada pandangan yang menyebutkan bahwa jika seseorang memprioritaskan karir sebagai prioritas utama, maka bisa dikatakan belum siap untuk menjadi orang tua.

Persiapan finansial yang matang

Selain keempat hal di atas, yang perlu dipersiapkan dalam menjadi orang tua di usia muda adalah finansial. Tidak jarang keharmonisan rumah tangga menjadi retak karena masalah finansial, terlebih lagi ketika hadirnya seorang anak. Semua kebutuhan tentu akan meningkat mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan untuk biaya pendidikan anak semisalnya.

Kehadiran seorang anak bukanlah pemicu utama masalah finansial. Hal ini lebih dikarenakan adanya pengelolaan keuangan yang kurang baik. Sehingga, Mam merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Permasalahan finansial ini memang penting dan sebaiknya Anda pikirkan secara matang bersama pasangan agar tidak kesulitan di kemudian hari.

Setelah membaca tips di atas, sudah siapkah Mam untuk menjadi orang tua di usia muda?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :