Begini Efek 6 Detik Pelukan ke Suami

Mam, adakah di antara Anda yang setiap harinya dipeluk oleh sang suami? Mam, dipeluk oleh orang yang kita sayangi memang memberikan efek yang luar biasa,ya? Mulai dari merasa lebih disayang, kelelahan hilang, meredakan emosi, mengembalikan mood, bahkan bisa sampai meredakan emosi. Mam, pelukan itu memang dibutuhkan oleh siapa saja, meskipun hanya selama 6 detik. Kira-kira mengapa bisa seperti itu, ya Mam? Berikut penjelasannya.

Efek Pelukan 6 Detik

Mengutip halmaan theasianparent.com, ketika Anda memeluk orang yang Anda cintai yakni suami dan juga anak, hormon oksitosin yang kuat dilepaskan kke dalam aliran darah Anda. Oksitosin ini lebih sering disebut dengan hormon yang erat kaitannya dengan rasa cinta. Hormon ini juga yang bertanggung jawab atas ikatan yang Anda jalin bersama orang yang dicintai.

Ketika hormon ini dilepaskan, secara otomatis tingkat kebahagiaan Anda meningkat. Tapi untuk bisa merasakan efek satu ini, Anda tidak bisa hanya berpelukan sepintas saja. Dibutuhkan waktu sekitar 6 detik bagi otak Anda untuk memproses dan juga melepaskan hormon yang dihasilkan dari sebuah pelukan tersebut. Selain hormon oksitosin, pelukan juga memicu hormon kebahagiaan dan perasaan well-being seperti serotonin.

Pelukan Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mam, selain mengeluarkan hormon oksitosin dan juga serotonin, sebuah pelukan juga dikatakan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian telah membuktikan kalau pelukan sepuluh detik dalam satu hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung dalam tubuh seseorang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi stress yang dihasilkan dari hari yang panjang.

Penelitian lain juga sudah mengungkapkan pula kalau pelukan sederhana bisa memberikan manfaat yang hampir setara dengan keajaiban bagi seseorang. Ketika Anda saling berpelukan, hubungan Anda dengan orang yang dicintai itu pun semakin diperkuat dan kesehatan fisik Anda juga membaik. Mam, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pelukan itu wajib untuk dilakukan oleh pasangan.

Pada penelitian yang dilakukan oleh University of North Carolina mengungkapkan kalau wanita yang mendapatkan lebih banyak pelukan dari pasangannya memiliki detak jantung dan juga tekanan darah yang lebih rendah. Selain itu, pelukan juga bisa meningkatkan ikatan hubungan dengan suami Anda semakin kuat. Pasangan yang dilaporkan memiliki hubungan yang lebih positif dengan pasangannya juga memiliki oksitosin yang lebih tinggi dalma tubuh mereka.

Tidak Hanya Suami, Anak-Anak pun Juga Perlu Mendapatkan Pelukan

Setelah Mam tahu betapa hebatnya pelukan dari suami, perlu diingat pula kalau si kecil pun membutuhkannya. Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau anak-anak yang mendapatkan pelukan dari ibu mereka mengalami penurunan kadar kortisol atau hormon pemicu stress selama 1 jam ke depan.

Mam, ternyata begitu banyak hal yang bisa diubah hanya dari sekedar setuhan sederhana. Oleh karena itu, jika memang kontak fisik seperti ini jarang dilakukan oleh keluarga Anda sebaiknya lakukan saat ini dan dijadikan sebagai kebiasaan.

 

Baca juga: 

Begini Efek 6 Detik Pelukan ke Suami

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :