Tujuan Bersilahturahmi Bersama Keluarga Saat Lebaran

Tidak terasa kini sudah memasuki pertengahan Bulan Suci Ramadhan, berarti tidak lama lagi Mam akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya mudik, banyak tradisi di Indonesia yang sudah mengakar ketika lebaran, salah satunya adalah bersilahturahmi dan juga saling bermaaf-maafan ke rumah kerabat ataupun keluarga besar.  Acara silahturahmi ketika Idul Fitri memang menjadi salah satu acara wajib untuk dilakukan setelah disibukkan dengan aktvitas lain sebelum lebaran. Selain berkumpul, kira-kira tujuan bersilahturahmi bersama keluarga pada saat lebaran itu apa ya, Mam? Berikut penjelasannya.

Silahturahmi untuk Mempererat Keluarga

Lebaran memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua Umat Muslim. Selain memiliki makna terlahir kembali, momen ini juga merupakan momen yang paling pas untuk berkumpul bersama keluarga. Setelah disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, rumah, bisnis, dan juga lainnya, Hari Lebaran juga menjadi salah satu cara untuk memperat tali persaudaraan Anda bersama keluarga.

Bagaimana tidak? Mungkin bisa dibilang pada momen inilah Anda bisa berkumpul dan bersosialisasi dengan keluarga yang berada jauh di luar kota, berbagi kisah bersama, jalan-jalan bersama, dan masih banyak lagi. Meskipun hanya sebentar, ketika berkumpul bersama keluarga Anda pada saat lebaran memang terbukti bisa mempererat hubungan persaudaraan Anda.

Mengenalkan Anak dengan budaya Bersilahturahmi

Tidak hanya orang dewasa saja yang penting menjaga budaya silahturahmi, tetapi hal ini juga penting untuk perkembangan sosial anak Anda. Meskipun belum paham betul apa maksud dari silahturahmi, lebaran juga menjadi momen yang tepat untuk membantu si kecil belajar berkomunikasi, mengenai berbagai tradisi dan norma sosial yang ada di lingkungannya. Ketika lebaran, si kecil tentunya akan berkumpul bersama keluarga besar yang terdiri dari berbagai usia, dari hal ini anak pun akan belajar menyesuaikan diri, belajar untuk bersosialisasi, dan tentunya belajar untuk saling memaafkan.

Silahturahmi Membawa Manfaat Positif bagi Psikologis seseorang

Mengutip halaman bisnis.com, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Iran University of Science and Technology mengungkapkan bahwa silahturahami secara rutin juga bisa membawa manfaat positif bagi psikologis seserang. Silaturahmi dengan sanak saudara diyakini dapat meringankan beban hidup seseorang. Bagaimana bisa?

Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia Ratih Zulhaqqi menjelaskan pada dasaranya keluarga merupakan tempat utama dan pertama di mana setiap orang mulai mempelajari sesuatu. Keluarga juga yang akan menjadi tempat tujuan kembali saat seseorang menemui jalan terjal dalam hidupnya. Oleh karena itulah, menjaga hubungan baik dengan keluarga sangatlah penting. Dan hubungan baik tersebut harus mulai ditanamkan sejak usia dini, khususnya untuk anak.

Tidak hanya itu, mengajarkan silaturahmi juga baik untuk tumbuh kembang psikologis si kecil. Anak yang lebih dekat dengan keluarganya cenderung akan lebih stabil dalam proses tumbuh kembangnya. Melalui silaturahmi ini pula si kecil mulai mengenal dan dekat dengan paman, bibi, sepupu, nenek, kakek, dan juga saudaranya yang lain. Sehingga kelak ia tahu di mana tempat berlindung yang utuh, jika sesuatu terjadi padanya.

Nah, itulah beberapa tujuan dari silaturahmi yang mungkin belum diketahui. Hari Lebaran memang menjadi momen yang paling pas untuk dijadikan sebagai refleksi diri tentang bagaimana selama ini Anda menjalin hubungan dengan keluarga. Banyak hal positif yang bisa Anda dan keluarga ambil ketika bersilaturahmi, namun bukan berarti Anda hanya perlu melakukannya pada saat Lebaran saja. Sebaiknya, silaturahmi tersebut tetap terjaga setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :