Kontrak Rumah atau Sewa Apartemen?

Mam, mencari dan membeli rumah untuk tempat tinggal memang bukan perkara mudah hari-hari ini. Oleh sebab itu, tidak sedikit keluarga yang akhirnya memutuskan untuk menyewa dibanding memiliki sebuah rumah. Selain karena harga properti yang melambung tinggi setiap harinya, alasan lain seperti tidak diharuskannya membayar uang muka menjadi dasar mengapa sebuah keluarga memilih untuk menyewa.

 

Pertanyaan yang berikutnya, jenis sewa seperti apa yang sebaiknya dipilih? Apakah dengan mengontrak rumah? Atau sebaiknya menyewa apartemen?

 

Mengontrak rumah atau menyewa apartemen memiliki keunggulan dan kerugian masing-masing. Karena itu, memilih salah satu diantaranya sebenarnya tergantung pada kondisi personal. Jika Mam termasuk orang yang sedang menimbang-nimbang pilihan antara mengontrak rumah atau menyewa apartemen, berikut beberapa kondisi yang sebaiknya Anda perhatikan.

 

Mengontrak Rumah

  1. Halaman

Jika Anda mendambakan memiliki kebun bunga dan pohon buah di sekitar rumah Anda, maka mengontrak rumah menjadi pilihan terbaik ketimbang menyewa apartemen. Apalagi jika Anda berniat untuk memelihara binatang peliharaan. Halaman dan ruangan terbuka menjadi poin plus yang tidak akan Anda dapatkan di apartemen.

  1. Tetangga

Tinggal dalam komplek rumah akan terasa lebih hangat karena adanya interaksi dengan para tetangga, sedangkan gaya hidup di apartemen menjadikan Anda pribadi yang individualis. Bukankah lebih menyenangkan jika Anda bisa bertukar makanan saat Hari Raya, menikmati aksi panggung anak-anak kompleks saat peringatan kemerdekaan Indonesia, atau sekedar dijenguk ketika mendengar Anda (dan keluarga) jatuh sakit?

  1. Masalah parkir

Sebuah rumah berukuran standard biasanya dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup untuk satu buah mobil. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir jika Anda pulang dengan membawa banyak barang belanjaan karena jarak tempat parkir dan pintu masuk rumah sangat dekat. Sedangkan apabila Anda tinggal di apartemen, Anda harus siap untuk berjalan jauh karena parkir apartemen biasanya terpisah jauh di basement.

 

Menyewa Apartemen

  1. Keamanan

Faktor keamanan dapat menjadi alasan pertama mengapa sebaiknya Anda memilih tinggal dengan menyewa apartemen. Banyaknya lapisan pintu dalam sebuah apartmen misalnya. Sebelum masuk ke ruangan Anda, Anda harus melewati pintu lantai dimana ruangan Anda berada, juga pintu lobi utama. Itu berarti, tindak pencurian akan minim mengingat banyaknya lapisan penjagaan yang ada. Belum lagi jika setiap pintu memiliki alarm atau penjaga masing-masing.

  1. Fasilitas

Kolam renang, pusat kebugaran, mini market, atau penatu adalah contoh fasilitas yang dapat Anda nikmati hanya dengan selemparan batu. Anda tidak perlu mengeluarkan kendaraan dari garasi atau macet-macetan di jalanan hanya untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas tersebut.

  1. Ukuran

Apartemen memiliki proporsi yang pas, tidak terlalu besar namun nyaman untuk ditinggali. Karena tidak terlalu luas, Anda pun tidak usah repot untuk membersihkannya setiap hari. Bukankah ini kabar baik bagi Anda yang selalu pergi pagi dan pulang larut malam?

  1. Lokasi

Karena apartemen biasanya terletak di pusat kota, hal ini akan memudahkan Anda untuk mengakses tempat-tempat lainnya, seperti pusat hiburan, rumah sakit, atau sekolah.

 

Pada akhirnya, menentukan pilihan antara mengontrak rumah atau menyewa apartemen harus kembali pada kondisi dan kepribadian Anda. Ada beberapa orang (dan keluarga) yang lebih cocok tinggal di sebuah kontrakan, ada juga yang lebih baik tinggal di apartemen. Karena setiap pilihan pasti memiliki untung dan ruginya masing-masing, maka pilihlah dengan bijak ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :