Selain Uang, 5 Hal ini Perlu Disiapkan Saat Mau Bangun Rumah

Sebagai tempat tinggal dan investasi jangka panjang, rumah tentu menjadi salah satu aset berharga yang dimiliki sebuah keluarga. Namun, seiring berjalannya waktu rumah tentu membutuhkan sentuhan tambahan agar tetap layak dihuni oleh Mam bersama anggota keluarga lainnya. Nah, untuk membangun rumah sendiri ada banyak hal yang perlu Mam siapkan. Apa sajakah itu? Cari tahu di sini.

Perencanaan yang matang

Sebagai langkah awal saat Mam hendak membangun rumah, buatlah perencanaan yang matang, mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Pasalnya, ketiga hal tersebut saling berhubungan erat. Jika target waktu pembangunan meleset dari rencana awal, maka dana yang harus disiapkan tentu perlu ditambah. Pastikan Mam telah memilih pemborong yang sudah terpercaya dan profesional di bidangnya.

Menentukan konsep interior

Mam, biasanya konsep interior baru diperhatikan pada tahap akhir proses pembangunan rumah. Padahal, konsep interior ini sudah harus ditentukan secara keseluruhan di awal tahap pembangunan. Tentu saja, Mam harus bisa mengukur besar furnitur dan benda-benda lain yang sesuai dengan besar ruangan. Dengan demikian, Mam perlu menyediakan waktu yang cukup banyak untuk membeli segala kebutuhan tersebut.

Lakukan riset harga

Harga bahan bangunan saat ini semakin mahal, hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan secara matang. Faktanya, tidak sedikit orang yang menunda pembangunan rumah hanya karena harga bahan bangunan yang akan menguras habis uang tabungan mereka. Untuk itu, jangan ragu melakukan riset harga bahan bangunan demi mendapatkan harga dan kualitas terbaik yang ramah kantong.

Ciptakan ruangan multifungsi

Perlu diketahui bahwa rumah yang memiliki banyak ruang cenderung menghabiskan biaya yang lebih mahal. Nah, demi menghemat biaya pembangunan Mam bisa menciptakan ruangan multifungsi di dalam rumah. Misalnya, menyatukan dapur dengan ruang makan. Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain rumah minimalis yang sekaligus ekonomis.

Penghijauan lahan kosong

Untuk Mam yang tinggal di kawasan perkotaan dengan suhu udara cenderung panas, keberadaan penghijauan di area lahan kosong rumah tentu perlu diperhatikan. Saat mulai proses membangun rumah, Mam sudah bisa untuk menanam beberapa bibit pohon di halaman rumah. Jadi, saat rumah selesai dibangun, pepohonan itu pun sudah tumbuh rindang. Jangan lupa, Mam juga perlu membeli alat berkebun untuk perawatan area penghijauan tersebut.

 

Apakah Mam sudah siap memulai proses pembangunan rumah? Selamat mencoba!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :