Tips Meningkatkan Produktifitas Kerja Mam Saat Berada di Rumah

Mam, ketika sudah menikah dan memiliki anak sebagian fokus perhatian Anda akan beralih ke kondisi rumah beserta isinya. Kondisi seperti inilah yang terkadang membuat para ibu memutuskan untuk dapat bekerja di rumah sambil mengurus anak dan keluarga. Selain lebih dapat meningkatkan ikatan antara Anda dan juga keluarga, bekerja di rumah pun memiliki banyak keuntungan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika salah seorang pekerja mengaku mengalami kesulitan ketika harus bekerja di rumah. Apakah Mam salah satunya? Jika ya, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan produktivitas kerja Mam saat berada di rumah.

Menambahkan Aquarium di Rumah

Mam, ketika Anda harus bekerja di rumah, tentu Anda memiliki ruangan khusus yang biasa Anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor Anda. Ruang kerja yang kaku dan monoton cenderung membuat produktivitas Anda terganggu, oleh karena itu Mam bisa menambahkan objek hidup yang dapat membuat Anda rileks seperti aquarium. Ikan menjadi hewan yang yang cocok untuk dimasukkan ke dalam ruang kerja karena ia tidak mengeluarkan suara yang berisik seperti kucing ataupun anjing sehingga tidak dapat memecahkan fokus kerja Anda.

Pilih Warna Hijau

Mam, Anda pernah mendengar tentang kehebatan warna yang dapat mempengaruhi psikologis seseorang? Seperti warna oranye untuk meningkatkan kreativitas, putih yang melambangkan kebersihan hati atau merah yang lekat dengan arti keberanian seseorang? Ya, Mam, warna ternyata dapat juga mempengaruhi mood kerja Anda di rumah. Oleh karena itu, cat dinding, gradasi dan furniture pun dapat memberikan efek yang cukup kuat pada suasana hati Anda. Ketika Anda merasa membutuhkan fokus selama bekerja di rumah, Anda bisa memilih warna hijau untuk meningkatkan konsentrasi kerja. Setelah konsentrasi sudah terkumpul, tentu produktivitas kerja Anda dapat berjalan dengan lancar. Anda juga bisa menambahkan tanaman hijau dalam ruang kerja Anda agar semakin membuat mood  Anda terasa lebih baik saat bekerja.

Tentukan Batasan Waktu untuk Teman dan Keluarga

Mam, teman dan keluarga terkadang dapat menjadi salah satu penyebab konsentrasi dan produktivitas kerja Anda terganggu, khususnya ketika berada di rumah. Nah, untuk menyiasati ini, Anda boleh membuat batasan dalam bentuk pengingat bagi para teman dan keluarg Anda. Mintalah pengertian mereka dalam rentang waktu tertentu untuk tidak mengganggu karena Anda sedang menyelesaikan pekerjaan. Sedangkan untuk keluarga, Anda bisa mengerjakan pekerjaan Anda ketika anak-anak sedang bersekolah ataupun tidur siang agar Anda bisa meningkatkan produktivitas kerja di rumah. Mam, Anda juga bisa untuk membuat waktu kerja regular ketika Anda berada di rumah dan menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya, cara ini juga dapat membantu Anda untuk bekerja dengan lebih teratur.

Biasakan untuk Bersyukur

Ketika Anda merasa sibuk dan tenggelam dalam pekerjaan, terkadang memang dapat membuat Anda depresi dan merasa tidak mampu untuk menyelesaikannya. Mam, ketika Anda mengalami hal semacam itu, tidak ada cara lain yang dapat Anda lakukan selain menyelesaikannya. Nikmatilah setiap proses dan keputusan yang telah Anda ambil dan biasakan untuk mengucap rasa syukur atas apa yang telah Anda pilih. Mengutip halaman womantalk.com, sebuah riset yang dilakukan mengatakan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan daya tahan terhadap stress dan mengurangi rasa sakit fisik serta menciptakan rasa puas terhadap hidup sehingga dapat meningkatkan performa Anda dalam bekerja.

Mam, itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja di rumah. Pekerjaan memang dilakukan oleh orang tua agar dapat memenuhi kebutuhan anak-anak kelak, namun jangan sampai pekerjaan tersebut membuat diri Anda lupa dengan kewajiban Anda sebagai ibu di rumah. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menyeimbangkan porsi pekerjaan dan juga keluarga salah satunya dengan bekerja di rumah. Semoga bermanfaat, ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :