Hamil Tidak Nafsu Makan

Mendapat nutrisi yang cukup sangat penting ketika Mam tengah hamil. Nutrisi yang baik akan memastikan perkembangan janin selama berada dalam kandungan. Namun, kebutuhan akan nutrisi tersebut bisa jadi tidak terpenuhi apabila Mam tidak memiliki nafsu makan. Apa penyebab serta cara mengatasinya? Berikut informasi lengkapnya!

Tidak Nafsu Makan di Trimester Pertama Kehamilan

Hilangnya nafsu makan selama masa kehamilan trimester pertama disebabkan oleh timbulnya rasa mual selama kehamilan. Kondisi ini umum terjadi pada 75% Mam yang tengah hamil. Morning sickness bisa jadi insting tubuh untuk melindungi janin dari makanan yang membahayakan. Terjadinya peningkatan hormon (estrogen dan hormon kehamilan hCG) juga berperan meningkatkan kemualan yang Anda alami sehingga semakin menekan nafsu makan.

Beberapa hal yang bisa Mam lakukan untuk mengatasinya:

  1. Minum banyak air

Memastikan Mam mengonsumsi cukup cairan lebih penting dibanding membidik asupan kalori tertentu. Usahakan untuk mendapat asupan cairan sekiter 10-8 gelas sehari dari berbagai sumber, termasuk buah-buahan dan sayuran. Mam dapat mengonsumsi air hangat dengan lemon atau jahe atau teh jahe untuk mengantisipasi rasa mual.

  1. Jangan memaksakan diri

Mengonsumsi makanan 6 kali sehari dengan porsi kecil bisa jadi pilihan terbaik bagi Mam untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

  1. Konsumsi makanan ringan

Konsumsi makanan ringan seperti pisang, yoghurt, dan biskuit gandung bisa dijadikan pilihan untuk kenyang lebih lama sekaligus menjaga kadar gula darah Mam tetap stabil dan memenuhi kebutuhan Protein dan Kalsium.

  1. Hindari makanan berbau tajam

Sebaiknya hindari makanan yang berbau tajam termasuk makanan pedas dan berlemak yang akan memicu perut terasa kurang nyaman.

  1. Konsumsi vitamin

Mam dapat konsumsi vitamin B6 atau kombinasi vitamin B dan antihistamin yang membantu redakan mual dan menjaga nafsu makan.

Tidak Nafsu Makan di Trimester Kedua Kehamilan

Banyak Mam yang berpendapat bahwa trimester kedua kehamilan adalah golden period of pregnancy. Kabar baiknya, Mam mungkin mengalami peningkatan nafsu makan dibanding saat trimester pertama. Namun apabila Mam masih merasa mual, usahakan untuk mengulang kebiasaan trimister pertama.

Trimester kedua kehamilan juga merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan kalsium yang Mam butuhkan (1.200 mg per hari, termasuk yang berasal dari vitamin kehamilan), protein (75 gram per hari), folat (400-600 mcg dari segala sumber), dan sejumlah makanan yang kaya Omega 3 seperti ikan (200-300 mg per hari yang dapat meningkatkan kapasitas otak janin).

Tidak Nafsu Makan di Trimester Ketiga Kehamilan

Selama bulan-bulan terakhir kehamilan Anda, rasa mual biasanya sudah menghilang, digantikan dengan perut Mam yang semakin membesar. Nafsu makan Mam mungkin sudah kembali sedia kala, namun bagaimana jika setelah hanya beberapa gigitan saja, Mam sudah merasa kenyang?

Cara mengatasinya sama dengan trimester sebelumnya, pastikan Mam mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Pastikan juga Mam banyak konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayuran hijau, roti gandum, alpukat, asparagus, dan biji bunga matahari yang akan meredakan sembelit dan menjaga sistem pencernaan berjalan dengan lancar.

Pastikan Mam mengatasi rasa mual untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin, ya. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :