3 Cara Alami Mengubah Posisi Bayi Sungsang

Pada umumnya ketika mendekati minggu-minggu masa persalinan, posisi janin yang ada di dalam rahim adalah menghadap ke bawah. Kepala berada di bawah dalam posisi siap keluar dengan kaki menghadap ke atas. Namun ada kalanya, posisinya tidak seperti itu, misalnya justru kepalanya yang berada di atas. Kondisi ini disebut posisi bayi sungsang dan menyebabkan persalinan sulit untuk dilakukan secara normal. Penyebab bayi sungsang ini bisa disebabkan karena cairan ketuban yang terlalu sedikit atau terlalu banyak sehingga menyebabkan bayi bergerak lebih aktif hingga posisinya berubah. Nah Mam, tak perlu khawatir karena posisi bayi sungsang masih bisa dibetulkan secara alami. Begini caranya!

Knee Chest

Cara ini dilakukan dengan menelungkupkan tubuh. Posisinya mirip seperti ketika sedang bersujud. Siapkan matras ya, Mam, karena jika dilakukan di lantai terlalu keras sehingga bisa membuat kepala Mam sakit. Mulai dengan memposisikan tubuh seperti akan merangkak. Tumpukan seluruh berat tubuh pada lutut dan telapak tangan. Rendahkan kepala secara perlahan hingga menyentuh matras dan posisi siku menekuk. Tahan posisi ini selama sepuluh hingga dua puluh menit. Posisi ini akan membuat ruang dalam rahim melonggar sehingga janin pun bisa berputar dan berganti posisi. Segera hentikan posisi ini jika Mam mulai merasa pusing.

Olahraga

Olahraga tertentu seperti berenang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengubah posisi bayi sungsang, lho. Gerakan menyelam yang Mam lakukan ketika berenang membuat air menekan area di sekitar perut. Hal ini akan membantu janin di dalam kandungan untuk berputar posisi. Selain berenang, lakukan juga senam yang dapat merelaksasikan otot-otot di sekitar rahim. Otot rahim yang rileks akan memudahkan janin untuk bergerak. Mam bisa memodifikasi gerakan senam hamil ini agar mampu mendorong janin bergerak ke bawah. Lakukan dengan instruktur senam yang berpengalaman ya, Mam.

Breech Tilt

Breech Tilt memiliki konsep dasar yang sama dengan Knee Chest, yaitu memanfaatkan gaya gravitasi untuk mengubah posisi bayi sungsang. Berkebalikan dengan Knee Chest, posisi ini dilakukan dengan tubuh telentang. Mam perlu melakukan gerakan ini dengan orang lain.  Mula-mula berbaringlah di atas matras. Secara perlahan, tekuk kedua lutut hingga telapak kaki menghadap dan menempel ke matras. Angkat panggul pelan-pelan hingga bokong meninggi tiga puluh senti dari matras. Minta pasangan atau orang lain menyangga punggung Mam dengan bantal. Tahan posisi ini selama sepuluh hingga dua puluh menit. Breech Tilt akan membuat jaringan ligamen di sekitar rahim menjadi lebih longgar sehingga ruangan di dalamnya meluas. Ruangan rahim yang longgar memudahkan bayi untuk berputar.

Mudah bukan Mam memperbaiki posisi bayi sungsang? Jangan langsung berkecil hati ketika dokter mengatakan posisi bayi tidak normal karena Mam masih bisa melakukan cara-cara yang bisa membantu mengembalikan posisi tersebut.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :