3 Khasiat Keju untuk Ibu Hamil

Photo credit: Pexels

Masa kehamilan merupakan waktu yang sangat rentan bagi ibu. Bagaimana tidak, ibu harus memikirkan nutrisi untuk janin yang di kandungan dan hal ini tak bisa dilakukan sembarangan. Untuk itu Mam perlu tahu makanan yang bisa memberikan manfaat untuk calon bayi. Dalam artikel ini akan dibahas khasiat keju untuk ibu hamil.

Baik untuk pembentukan organ mata

Selama ini keju dikenal akan kandungan vitamin D-nya. Namun ternyata keju juga punya kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A merupakan nutrisi yang baik untuk mata. Pada janin, vitamin A membantu pembentukan organ mata. Proses ini sangat berisiko karena memiliki kemungkinan gagal apabila nutrisinya tidak tercukupi.

Padahal jika gagal, bayi akan memiliki risiko kebutaan saat dilahirkan. Mam tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk itu cobalah menambahkan keju pada menu makanan sehari-hari untuk mendapat asupan vitamin A yang cukup. Rasa keju yang nikmat tentu tidak akan membuat Mam jenuh saat mengonsumsinya!

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Pada masa kehamilan Mam membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dibandingkan saat tidak hamil. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Alasannya tak lain adalah karena janin yang dikandung juga membutuhkan kalsium. Jika Mam tidak bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian maka janin akan mengambilnya dari tubuh.

Akibatnya bisa fatal karena Mam akan lebih mudah terserang risiko osteoporosis. Supaya hal ini tidak terjadi, cobalah mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium. Hal ini menjadi salah satu khasiat keju yang bisa Mam dapatkan. Olahan susu ini punya kandungan kalsium dan mineral tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Memiliki lemak yang baik untuk janin

Makanan atau minuman olahan susu sejatinya punya manfaat yang baik untuk tubuh, tentunya jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, Keju sebagai olahan susu pun punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk ibu hamil. Salah satu nutrisi dalam keju yang baik untuk ibu hamil adalah kandungan lemaknya.

Lemak dalam keju bisa membantu tumbuh kembang Si Kecil yang masih dalam kandungan. Zat yang satu ini dibutuhkan untuk pertumbuhan organ otak. Untuk Mam sendiri, khasiat keju bisa menjadi sumber energi untuk tubuh, Bahkan, lemak bisa menghasilkan energi dua kali lipat lebih banyak dibanding karbohidrat lho Mam.     

Mam mungkin sering mendengar bahwa keju tidak aman dikonsumsi pada masa kehamilan. Padahal jika dilihat lebih jauh keju punya manfaat yang besar untuk kandungan. Asal dalam takaran yang tepat dan tidak salah memilih keju, ketiga manfaat di atas tentu bisa Mam rasakan. Pastikan memilih keju yang diolah dari susu pasteurisasi supaya aman ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :