4 Cara Menghilangkan Jerawat Saat Hamil

Saat hamil, hormon dalam tubuh Mam akan sedikit berantakan dan memiliki kadar yang berbeda ketika sebelum hamil. Salah satunya adalah hormon androgen yang mempengaruhi produksi minyak pada kulit wajah yang dinamakan sebum. Jika sebum bercampur dengan banyak sel kuli mati, maka timbullah jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Mam harus berhati-hati saat memilih pembersih wajah karena beberapa kandungan pembersih wajah bisa membahayakan janin. Sebagai gantinya Mam bisa menggunakan bahan dan cara berikut untuk menghilangkan jerawat selama kehamilan.

  1. Mengoleskan lemon

Lemon sudah sering dijadikan bahan alami untuk mengatasi berbagai macam masalah wajah seperti komedo dan jerawat. Mam bisa menggunakan lemon selama kehamilan sebagai ganti obat jerawat yang banyak dijual di pasaran. Lemon mengandung zat alpha hidroxy acid (AHA) yang bisa mengangkat dan membuang sel-sel kulit mati. Zat ini pun aman digunakan untuk ibu hamil karena merupakan zat alami. Zat alpha hidroxy acid ini juga bisa membuka pori-pori yang tersumbat.

 

Untuk cara pemakaiannya, yang pertama Mam harus membelah lemon menjadi beberapa bagian, kemudian peras lemon tersebut dan tamping dalam satu wadah. Selanjutnya celupkan kapas bersih secukupnya dan oleskan pada jerawat. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

 

  1. Minyak kelapa murni sebagai pelembap

Selain hormon dan sel kulit mati, bakteri yang menempel pada wajah juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Daripada menggunakan skin care dengan bahan-bahan kimia yang mungkin bisa membahayakan janin, ada baiknya Mam mencoba menggunakan minyak kelapa murni. Minyak kelapa yang masih murni memiliki sifat anti antibakteri dan anti jamur yang bisa mengurangi bakteri penyebab jerawat di wajah. Selain untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat, minyak kelapa juga membuat kulit terhidrasi dengan baik.

 

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai masker dan pelembap saat sebelum tidur. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada area wajah sebelum tidur dan diamkan sampai semalaman. Bilas dengan air biasa pada keesokan harinya. Bahan ini sudah terbukti ampuh mengurangi jerawat dan menambah kelembapan wajah karena memang gampang diserap oleh kulit.

 

  1. Baking soda

Baking soda selain untuk memasak juga bisa digunakan untuk masker jerawat yang sudah terbukti ampuh dan aman digunakan untuk ibu hamil. Baking soda bisa menyembuhkan jerawat yang sudah timbul di wajah Mam karena memiliki sifat antibakteri dan anti radang. Kedua sifat ini mampu menyerap minyak yang banyak terdapat di wajah selama proses kehamilan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

 

Satu sendok makan baking soda harus dicampurkan dengan satu sendok makan air dan diaduk hingga menjadi satu. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan ditunggu hingga mengering. Setelah kering, basuh dengan air bersih. Mam bisa melakukan proses ini dua hingga empat kali dalam seminggu.

 

  1. Toner cuka sari apel

Cuka sari apel sedang terkenal di kalangan kaum perempuan sebagai toner yang ampuh untuk mengurangi jerawat.  Mam harus pastikan bahwa cuka sari apel ini masih yang alami tanpa adanya bahan kimia tambahan yang membahayakan janin. Cuka sari apel mengandung enzim dan asam alfa hidroksi yang mampu mengurangi jerawat membandel pada wajah.

 

Untuk mengatasi jerawat, Mam bisa mencampurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:3. Setelah tercampur sempurna, rendam kapas pada larutan tersebut. Tepuk-tepukkan kapas pada bagian wajah Mam agar cuka sari apel bisa menyerap minyak berlebih. Mam bisa melakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu karena memang terbukti bisa menyerap minyak berlebih selama proses kehamilan.

 

Mam bisa memilih beberapa bahan alami di atas untuk mengurangi masalah jerawat selama proses kehamilan. Namun, yang lebih penting adalah Mam menjaga kebersihan wajah dengan tidak memegang wajah dengan tangan yang kotor atau juga benda-benda lainnya. Dan juga jangan memencet jerawat meskipun sangat banyak.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :