4 Manfaat Me Time Pasca Melahirkan

Menjadi seorang ibu pastinya membuat Mam sangat bahagia. Bahkan Mam akan selalu menghabiskan waktu bersama dengan Si Kecil karena tidak ingin terlewat satu pun perkembangannya. Mam terkadang menjadi jarang memiliki waktu untuk diri sendiri karena sudah sibuk dengan mengurus Si Kecil dan urusan rumah tangga. Padahal, sebenarnya Mam tetap membutuhkan waktu metime untuk kepentingan Mam sendiri. Mam tidak perlu merasa bersalah karena melakukan aktivitas tanpa melibatkan Si Kecil, karena ada banyak manfaat yang Mam peroleh dari kegiatan metime ini.

  1. Mengurangi depresi

Menjadi ibu baru bisa saja menjadi sangat menyenangkan ataupun membuat lelah. Banyak keperluan Si Kecil yang harus dilakukan ataupun disiapkan. Dari pagi hingga malam, Mam mungkin tidak punya waktu untuk diri sendiri karena akan disibukkan dengan mengurus Si Kecil dari mulai memandikan, menyuapi, mengajak bermain, hingga menidurkan Si Kecil di malam hari. Tak jarang banyaknya aktivitas yang dilakukan untuk Si Kecil membuat Mam kewalahan dan merasa lelah.

Jika Mam sudah merasa lelah, ada baiknya Mam melakukan metime sebentar saat Si Kecil sedang tidur siang. Mam bisa mengisi waktu luang saat Si Kecil tidur dengan menonton TV, mengecek media sosial, dan pergi ke salon. Hal-hal sederhana seperti ini ternyata terbukti bisa menurunkan tingkat depresi yang mungkin bisa dialami oleh Mam karena sibuk mengurus Si Kecil sepanjang hari. Mungkin Mam merasa tidak mengalami depresi, namun jika Mam terus memupuk rasa lelah dan tidak mengambil waktu luang untuk istirahat sejenak, rasa lelah tersebut bisa memicu depresi yang bisa timbul kapan saja.

  1. Memanjakan diri

Menjadi seorang ibu bukan berarti tidak boleh memiliki waktu untuk memanjakan diri. Anggap saja waktu metime adalah hadiah untuk Mam karena telah merawat Si Kecil sepanjang hari. Mam bisa melakukan aktivitas favorit Mam seperti pergi ke salon, membaca, atau juga berbelanja. Tentunya Mam membutuhkan dukungan suami dan keluarga agar bisa memiliki waktu untuk melakukan aktivitas ini. Mam bisa bergantian menjaga Si Kecil dengan suami saat hari libur kerja.

Melakukan aktivitas yang disukai juga bisa memberikan efek relaksasi untuk Mam karena pada saat tersebut Mam bisa rehat sejenak dari memikirkan kebutuhan Si Kecil. Melakukan aktivitas yang disukai untuk kebutuhan diri bukanlah suatu hal yang egois karena Mam juga butuh waktu istirahat dan pikiran yang fresh agar bisa selalu bisa memenuhi kebutuhan Si Kecil.

  1. Merawat tubuh

Melakukan pijat dengan aromaterapi di salon maupun tempat spa tidak hanya sebagai aktivitas memanjakan diri, tapi juga banyak memiliki manfaat untuk tubuh Mam pasca melahirkan. Pemijatan ini sangat baik untuk merelaksasi otot-otot tubuh yang tegang saat banyak melakukan aktivitas, bisa juga untuk melancarkan peredaran darah, dan mencegah pelebaran pembuluh darah atau varises pada Mam pasca melahirkan.

Pemijatan pada area wajah atau biasa disebut totok wajah juga bisa membantu mengurangi kelelahan otot-otot di area leher dan mata. Pijatan di area wajah juga bisa mengembalikan kesegaran wajah dan membuatnya terlihat lebih fresh. Untuk melakukan pemijatan ini, Mam harus pastikan untuk mencari terapis atau orang yang sudah ahli di bidang ini.

  1. Merelaksasi otak dan pikiran

Kesibukan mengurus Si Kecil tak hanya membuat Mam lelah fisik, namun juga pikiran. Kelelahan karena banyak melakukan aktivitas bisa membuat konsentrasi dan produktivitas menurun. Rasa lelah juga lebih mudah membuat Mam emosi. Hal ini pastinya akan berdampak buruk jika Mam merasa lelah dan melampiaskan rasa kesal kepada Si Kecil. Mam tetap membutuhkan waktu ­me time ini untuk mengembalikan pikiran agar lebih tenang dan kembali fokus.

Metime yang sangat mudah dilakukan agar otak dan pikiran kembali relaks adalah tidur siang bersama Si Kecil. Manfaatkan waktu ini untuk istirahat sejenak. Tidur selama beberapa menit bisa mengembalikan mood Mam ke kondisi normal. Pastikan untuk tidak memikirkan hal-hal lain saat tidur karena malah membuat kualitas tidur menjadi menurun.

 

Dengan beberapa manfaat di atas, Mam mulai sekarang sebaiknya memikirkan untuk melakukan metime dengan melakukan aktivitas yang bisa merelaksasi tubuh dan pikiran agar selalu fresh saat mengurus Si Kecil.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :