5 Gejala Ini Bisa Menandakan Saluran ASI Tersumbat!

ASI tersumbat, ASI, saluran ASI Photo Credit: Pexels

Dalam menyambut lahirnya sang buah hati, semua terasa indah sejak masa kehamilan. Mengandung selama sembilan bulan, berjuang keras dalam melahirkannya, serta bisa menggendong buah hati untuk pertama kalinya adalah perasaan yang tidak akan terlupakan.

Selain itu semua, ada satu interaksi lagi antara ibu dan anak yang pengalaman serta rasanya tidak bisa digantikan oleh apapun, yaitu ketika memberikan ASI. Interaksi alamiah ini memberikan rasa saling menyatu yang lebih kuat antara ibu dan anak. Bagi seorang ibu, memberikan ASI adalah kewajiban yang ingin mereka lakukan setiap harinya.

Rasanya akan aneh ketika tidak bisa menyusui anak secara langsung. Maka dari itu, banyak hal yang mau dilakukan para ibu agar mereka bisa memberikan ASI kepada anak secara langsung. Tapi masalah juga bisa muncul ketika dalam masa menyusui sang buah hati, banyak kasus saluran ASI tersumbat. Dan itu bisa terlihat dari fisik para ibu. Berikut ulasannya.

Tekstur kulit di area tertentu payudara menjadi lebih keras

Gejala pertama yang bisa diperhatikan untuk mengetahui saluran ASI tersumbat adalah tekstur kulit di area tertentu payudara menjadi lebih keras. Mam bisa meraba kulit payudara secara pelan-pelan untuk mengetahui hal ini.

Dan jangan hanya beberapa sisi saja, tapi semua sisi agar lebih jelas dan menyeluruh. Dengan melakukan hal ini, Mam sudah melakukan satu tindakan penting dalam mengetahui masalah yang sangat tidak ingin dialami oleh ibu hamil.

Ada benjolan kecil di payudara (atau mungkin sudah membengkak)

Gejala kedua yang bisa diperhatikan untuk mengetahui saluran ASI tersumbat adalah munculnya benjolan kecil di payudara. Mam bisa memperhatikan bagian payudara untuk mengetahui apakah ada benjolan kecil di sana.

Masalahnya, terkadang tidak hanya benjolan kecil saja, tapi sudah menjurus ke arah yang lebih berbahaya, yaitu membengkak. Kalau sudah membengkak, Mam pasti akan lebih mudah dalam melihatnya.

Aliran ASI akan lebih lambat di salah satu sisi atau di kedua sisi payudara

Gejala ketiga yang bisa diperhatikan untuk mengetahui saluran ASI tersumbat adalah masalah aliran ASI yang menjadi lebih lambat di salah satu sisi atau di kedua payudara. Sebenarnya ini adalah gejala yang bisa langsung diketahui karena Mam pasti akan mencoba memberikan ASI dari masing-masing payudara. Jika memang aliran ASI lebih lambat, Mam sudah bisa mengantisipasi dengan lebih cepat.

Payudara terasa sakit saat disentuh

Gejala keempat yang bisa diperhatikan untuk mengetahui saluran ASI tersumbat adalah payudara terasa sakit saat disentuh. Yang namanya memberikan ASI, pasti ada sentuhan secara intens ke payudara, dan ketika rasa sakit muncul, Mam sudah bisa melakukan antisipasi akan masalah ini karena itu menjadi pertanda yang muncul secara cepat.

Payudara terasa panas

Gejala kelima yang bisa diperhatikan untuk mengetahui saluran ASI tersumbat adalah payudara yang terasa panas. Ya, jika Mam merasakan panas yang tidak mengenakkan di payudara, itu bisa menjadi pertanda ASI tersumbat dan menjadi gejala yang cukup cepat diketahui.

 

ASI adalah salah satu hal terpenting dalam memberikan asupan terbaik untuk sang buah hati. Ketika ASI tersumbat, itu memang menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan, tapi tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui masalah ini secara cepat setelah membaca lima gejala di atas, Mam bisa segera mengambil tindakan.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :