5 Tips Menjaga Pola Makan Ibu Hamil Saat Liburan

Libur akhir tahun sudah di depan mata! Ke mana Mam dan keluarga akan menghabiskan waktu bersama? Walau sedang hamil, bukan berarti Mam tidak bisa ikut berlibur, kok. Namun, mengingat ada si Kecil dalam kandungan, Mam harus lebih ekstra waspada dari biasanya, terutama menyangkut pola makan. Yuk, Mam, simak beberapa tips berikut ini untuk menjaga pola makan ibu hamil saat liburan!

Hindari Junk Food

Mam dan keluarga berencana liburan akhir tahun ke luar kota dengan mengendarai mobil? Biasanya, di tengah perjalanan, ada saja anggota keluarga yang meminta drive thru di restoran junk food terdekat untuk membeli bekal di perjalanan. Aroma burger dan kentang goreng yang menguar di dalam mobil pasti akan membuat Mam tergoda. Sebenarnya, tidak apa-apa jika Mam ikut memakannya, tetapi imbangi juga dengan makanan sehat lain seperti sayur dan buah-buahan. Meski begitu, akan lebih baik apabila Mam menghindarinya sama sekali. Pasalnya, sekali makan junk food, biasanya Mam akan susah untuk berhenti.

Perbanyak Minum Air Mineral

Umumnya, ibu hamil lebih rentan terkena konstipasi. Mam bahkan mungkin pernah mengalaminya, ya? Nah, untuk menghindari hal tersebut selama liburan, perbanyaklah minum air mineral. Kalau perlu, bawa sendiri bekal air mineral khusus selama perjalanan. Hindari minuman bersoda yang notabene mengandung banyak gula. Apabila Mam minum teh atau kopi, selingi dengan air mineral untuk menghindari efek dehidrasi yang bisa timbul karena kandungan kafein.

Bawa Camilan Sendiri

Daripada ikut makan junk food yang dibeli secara drive thru, mengapa Mam tidak membawa camilan sendiri sebagai teman perjalanan nanti? Selain lebih sehat, kebersihannya pun pasti lebih terjaga. Mam bisa membawa kacang-kacangan atau biskuit gandum. Saat terjebak macet, menunggu pesawat yang mendadak ditunda penerbangannya, atau sampai di hotel dan ternyata makanan yang disajikan kurang mengundang nafsu makan, Mam tidak perlu merasa kelaparan karena sudah ada camilan untuk mengganjal perut.

Tetap Makan Sayur dan Buah

Selain rajin minum air mineral, cara lain yang bisa Mam lakukan untuk menghindari konstipasi selama liburan adalah dengan makan sayur dan buah. Keduanya juga bisa menjadi camilan sehat, lho, yakni dalam bentuk salad. Nah, apabila Mam membeli buah di suatu tempat, pastikan Mam mencucinya dengan air mineral terlebih dahulu sebelum memakannya. Kalau mau lebih praktis, pilih buah seperti pisang dan jeruk yang bisa langsung dikupas tanpa harus dicuci.

Hati-hati Makan Seafood

Pantai menjadi salah satu destinasi favorit yang kerap dituju orang-orang untuk berlibur. Biasanya, berlibur di pantai kurang afdol tanpa menyantap seafood. Mam boleh saja, kok, ikut makan ikan selama sudah dimasak dengan matang. Kandungan omega-3 pada ikan juga baik untuk kesehatan Mam dan tumbuh kembang janin. Namun, batasi konsumsi ikan maksimal dua porsi setiap minggu ya, Mam. Pasalnya, seafood mengandung polutan lingkungan yang bisa membawa risiko bagi kehamilan.

 

Tuh, Mam, siapa bilang Mam tidak bisa ikut berlibur akhir tahun meskipun sedang hamil? Selama menjaga pola makan dengan menerapkan kelima tips di atas, liburan akhir tahun Mam dan keluarga pasti akan berjalan lancar dan menyenangkan. Selamat berlibur bersama keluarga, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :