9 Tips Mengatasi Morning Sickness

Dua dari tiga perempuan yang tengah hamil akan mengalami morning sickness di awal-awal kehamilannya atau trimester I kehamilan. Mual muntah yang dialami ibu hamil ini seringkali membuat nafsu makan berkurang dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tenang saja, ada tips untuk mengatasi morning sickness ini.

Pada masa awal kehamilan, yakni di trimester I, ibu yang tengah mengandung seringkali mengalami morning sickness. Morning sickness ini ditandai dengan gejala mual-mual dan muntah baik di pagi hari maupun sepanjang hari. Parah atau tidaknya morning sickness tidak selalu sama pada setiap ibu hamil. Ada yang mengalami mual-mual dan muntah di pagi hari saja, ada yang di malam hari, bahkan ada yang terjadi sepanjang hari. Selain itu, pada beberapa ibu hamil bisa mengalami morning sickness parah hingga lemas dan maunya hanya berbaring saja, sehingga aktivitasnya terganggu. Namun, ada pula yang hanya mengalami sesekali di pagi hari dan tidak mengganggu aktivitasnya.

Gejala mual dan muntah yang tidak parah dan tak mengganggu aktivitas ibu hamil memang tak menjadi masalah. Yang menjadi masalah dan harus diatasi jika morning sickness ini mengganggu aktivitas ibu hamil. Mungkin karena parah sampai tak kuat pergi ke kantor, tak bisa melakukan pekerjaan rumah tangga, hingga tak mau makan. Bagaimana bisa konsentrasi bekerja jika sebentar-sebentar harus lari ke kamar mandi karena ingin muntah. Beberapa ibu hamil yang mengalami morning sickness parah, bahkan tak memiliki nafsu makan karena setiap menghirup bau makanan dan memakannya berujung pada mual dan muntah. Hem, memang menyiksa ya Bu, namun tentu ibu juga harus memikirkan janin yang ada di rahim ibu. Konsumsi makanan sehat saat kehamilan sangat penting untuk nutrisi janin, sehingga meski mual dan muntah tetap harus makan.

Sebenarnya, gejala mual-mual dan muntah ini akan dialami ibu hamil di awal usia kehamilan, yakni saat usia kehamilannya berada di trimester pertama. Morning sickness ini lama-lama juga akan mereda seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun, ada pula ibu hamil yang mengalami morning sickness sepanjang kehamilannya. Normalnya, morning sickness tak akan dirasakan lagi di trimester II kehamilan, karena kadar hormon kehamilan yang mulai menurun di trimester ini.

Jika ibu saat ini tengah hamil dan mengalami morning sickness yang parah, tentu tak bisa dibiarkan. Siapa sih yang tidak ingin hamil sehat dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya, sampai nanti si kecil terlahir ke dunia? Ada tips untuk mengatasi morning sickness yang sering menyerang saat kehamilan Anda ini. Yuk kita simak!

  1. Makan porsi sedikit dengan intensitas sering
    Dengan makan sedikit demi sedikit namun sering, tidak akan membuat perut terasa penuh sehingga tidak memicu mual. Selain itu, perut Anda pun tidak akan terasa kosong, karena saat merasa sedikit lapar bisa segera makan dengan porsi kecil.
  2. Banyak minum air putih
    Rasa mual yang diikuti muntah tak ayal membuat ibu hamil sering kekurangan cairan. Dengan banyak minum, tentu Anda akan terhindar dari dehidrasi.
  3. Sediakan camilan sehat saat beraktivitas
    Perut yang kosong sering memicu mual. Sebaiknya, menyediakan camilan sehat saat beraktivitas, seperti bekerja di kantor atau dalam perjalanan. Camilan sehat tersebut bisa berupa, camilan buah, yoghurt, crackers, dan roti gandum.
  4. Pilih makanan yang menggugah selera Anda
    Saat tengah hamil, tak jarang ibu hamil menyukai makanan yang segar-segar, misalnya soto, sup, batagor kuah, dan sebagainya. Jika dengan menikmati makanan tersebut, Anda tak akan mual, maka bisa memilihnya untuk disantap.
  5. Hindari bau-bauan yang sering memicu mual Anda
    Jika Anda mual karena bau-bau tertentu seperti bau parfum, bedak, atau makanan tertentu sebaiknya dihindari daripada harus merasakan mual.
  6. Jangan lupakan istirahat
    Istirahat secara teratur dapat menghindarkan tubuh Anda dari kelelahan dan mengembalikan energi, apalagi jika Anda sering kelelahan dan lemas karena mual.
  7. Sertakan sayuran dalam menu makan Anda
    Sayuran sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Saat Anda mengalami mual dan anti dengan makanan tertentu, asupan sayuran dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi janin.
  8. Minum jahe hangat atau makan permen jahe
    Mungkin Anda suka minum jahe hangat. Saat udara dingin di malam hari, minum jahe hangat membuat badan hangat dan perut pun nyaman. Begitu juga dengan Anda yang tengah hamil dan sering kali didera rasa mual. Dengan jahe hangat, rasa mual pun bisa berkurang dan perut akan lebih nyaman. Jika tak sempat membuat jahe hangat, makan permen jahe pun juga bisa menjadi solusi.
  9. Pilih kegiatan yang bisa membuat Anda nyaman saat gejala mual mulai datang
    Saat gejala mual dan muntah mulai datang, coba lakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh merasa nyaman. Anda bisa rebahan sambil mendengarkan musik yang tenang serta memasang aromaterapi supaya ruangan terasa segar dan tak merasa mual.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :