Alas Kaki Nyaman untuk Ibu Hamil

Sebelum hamil, pasti Mam bisa menggunakan alas kaki apa saja yang terlihat menarik. Namun, dengan semakin bertambah tuanya usia kehamilan, Mam sudah tidak bisa lagi sembarangan mengenakan alas kaki. Kaki sebagai penopang keseluruhan tubuh kita juga harus diperlakukan dengan baik agar kesehatan Mam dan bayi tetap terjaga. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang mengabaikan hal ini. Mam, coba yuk simak alas kaki apa saja yang memang nyaman dan aman untuk ibu hamil!

Hindari Sepatu Berhak

Jika sebelumnya Mam bisa mengenakan sepatu dengan hak seperti jenis high heels, wedges, hingga bahkan stiletto, ketika Mam sudah menjadi ibu hamil ada baiknya Mam tidak mengenakan sepatu yang seperti itu. Sepatu yang tidak memiliki sol yang mendatar, membuat kaki menopang berat yang lebih besar karena pembebanan pada permuakaan kaki yang tidak merata. Apalagi jika Mam tengah mengandung, beban yang harus ditanggung oleh kaki otomatis menjadi semakin bertambah. Untuk itu, lebih baik Mam menggunakan alas kaki yang memiliki permukaan datar seperti flat shoes atau sandal.

Sol Sepatu yang Tidak Licin

Apabila Mam sudah menadapatkan alas kaki yang nyaman, Mam perlu perhatikan juga sol sepatunya. Meskipun modelnya cocok dengan Mam, tetapi belum tentu sol sepatunya aman. Cek terlebih dahulu dari bahan apakah sol sepatunya, jangan sampai bahannya malah membahayakan Mam. Sol sepatu yang baik adalah yang terbuat dari kulit dan memiliki banyak uliran pada permukaannya. Dengan begitu, Mam terhindar dari risiko terpeleset.

Lebih Baik Pas atau Sedikit Longgar

Jangan paksakan mengenakan alas kaki yang bagi kaki sudah tidak terlalu cukup lagi. Memaksakan kaki masuk ke dalam alas kaki, bahkan ketika Mam dalam keadaan hamil malah akan membuat tubuh lebih berat. Berikan ruang untuk kaki supaya bisa “bernapas”. Lagipula, mengenakan alas kaki yang sempit juga tidak membuat nyaman. Ingat pula bahwa waktu yang paling tepat untuk membeli alas kaki adalah ketika malam hari di saat kaki sudah “mengembang” secara maksimal.

Yang juga tidak boleh dilupakan adalah faktor kenyamanan ya Mam. Alas kaki yang tidak nyaman dan tidak aman malah akan membuat kehamilan Mam tidak sehat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :