Apa Pentingnya Memakai Utrasound pada kandungan?

Mam, memasuki kehamilan Anda mungkin akan terbiasa dengan kegiatan pemeriksaan kehamilan menggunakan USG. Melalui USG Anda akan terbantu dalam bagaimana mengetahui perkembangan struktur tubuh calon anak Anda menggunakan ultrasound. Lalu, seberapa penting melakukan pemeriksaan dengan ultrasound? Berikut penjelasannya.

Trisemester Pertama (Minggu ke-1 hingga minggu ke-12 Usia Kehamilan)

  1. Untuk Memastikan Kehamilan

Mam, ketika Anda mendapatkan jadwal menstruasi Anda terlambat atau tidak kunjung datang dan ketika Anda mengambil sebuah alat test kehamilan dan ada tanda positif di alat tersebut, sudah saatnya Anda memastikan kehamilan Anda melalui pemeriksaan USG. Selain digunakan untuk memastikan kehamilan, melalui USG Mam juga akan mengetahui berapa lama usia embrio yang ada di dalam rahim Anda. Dalam USG ini pula Anda dapat mengetahui kehamilan molar atau anggur, yakni kehamilan yang disertai dengan tumbuhnya tumor yang tentu dapat membahayakan Anda kelak.

  1. Memeriksa Plasenta, Uterus, Ovarium dan Leher Rahim

Pemeriksaan USG juga dapat digunakan untuk memeriksa letak plasenta yang kemungkinan menghalangi jalan lahir atau yang disebut dengan plasenta previa. Kondisi plasenta previa kelak akan menyulitkan proses kelahiran bayi Anda. Tidak hanya itu, kelainan plasenta ini juga dapat berakibat pada masalah kehamilan penyakit seperti diabetes dan hidrop janin, kondisi dimana banyaknya cairan di bagian tubuh seperti toraks, abdomen atau penebalan plasenta.

  1. Mengetahui Kondisi Bayi dalam Kandungan

Mam, tidak hanya penting untuk mengetahui kelainan pada janin sejak dini, pemeriksaan USG juga dapat membantu mengetahui detak jantung bayi. Detak jantung pada janin biasanya sudah dapat terdeteksi pada usia kehamilan yang telah mencapai usia 6 minggu dan menguat ketika usia 7 minggu. Jika detak jantung sudah terdeteksi, maka dapat dipastikan Anda hamil sebesar 95%. Pada usia 6 minggu, janin memiliki denyut jantung antara 90-110 dpm, lalu pada usia 9 minggu denyut jantung bayi akan meningkat yakni antara 140-170 dpm. Pada usia 5-8 minggu jika jumlah denyut jantung kurang dari 90 dpm, maka kemungkinan akan berisiko terjadinya keguguran.

Trisemester kedua (Minggu ke-12 hingga minggu ke-24)

Mam, memasuki trisemester kedua dari masa kehamilan Anda disarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan USG secara rutin, karena pada minggu-minggu ini Anda akan terbantu dalam mengetahui perkembangan bayi di dalam kandungan Anda. Perkembangan kehamilan seperti struktur janin, tulang belakang, kaki, otak dan organ dalam tubuh lainnya.

Tidak hanya itu, pada trisemester ini pemeriksaan USG juga dapat membantu Anda untuk mengetahui adanya kelainan pada janin. Kelainan seperti struktural atau masalah aliran darah pada perkembangan janin. Kelainan struktural seperti malformasi janin (anensefali,spina bifida, dan lainnya), kelainan jantung, hidrosefalus dan kelainan lainnya.

Trisemester ketiga (Minggu ke-24 hingga minggu ke-40, kelahiran)

Pemeriksaan USG kehamilan yang memasuki usia minggu ke-24 masih digunakan untuk mengetahui perkembangan janin, apakah bayi Anda memiliki kelainan bawaan atau risiko cacat lahir atau tidak nantinya. Selain itu dengan USG, Anda juga dapat mengetahui jumlah cairan ketuban di dalam Rahim. Jumlah ketuban sangat pernting untuk diketahui karena dapat menimbulkan risiko berbahaya pada bayi Anda.

Kelebihan cairan ketuban dapat mengakibatkan gangguan sesak napas akut pada ibu, serta berisiko menyebabkan kelahiran premature. Sedangkan kurangnya cairan ketuban dapat mengakibatkan kematian pada janin Anda.

Mam, itulah beberapa alasan mengapa Anda penting menggunakan pemeriksaan dengan ultrasound atau USG. Pemeriksaan ini bukanlah pemeriksaan yang menyakitkan karena dilakukan diluar tubuh Anda dengan cairan yang dapat menyalurkan sinar ultrasound  untuk mengetahui kondisi dalam Rahim Anda secara akurat dan tentunya aman. Semoga Bermanfaat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :