Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mam Tiba-Tiba Hamil Tanpa Direncanakan?

Apakah Mam termasuk orang yang mengatur waktu hamil dan mendapati diri hamil tanpa direncanakan? Mam tak perlu panik dan mengambil keputusan cepat. Tenangkan diri dan ikuti tips dari kami berikut ini.

Segera ke Dokter

Pastikan bahwa kehamilan Mam benar-benar terjadi, karena ada kemungkinan test pack yang digunakan tidak valid oleh beberapa sebab. Memang sebaiknya Mam membicarakan ini dulu dengan suami, namun bila suami tak di tempat lebih baik ke dokter saja terlebih dahulu untuk memastikan keadaannya.

Diskusikan dengan Suami

Bila dari dokter sudah ada pernyataan resmi bahwa Mam hamil, segera beritahu suami (bila saat itu kebetulan ia sedang tak berada di tempat). Mam tidak perlu panik, diskusikan dengan baik kepada suami tentang kondisi saat ini, dan seperti inilah kenyataannya. Minta pengertiannya dan teruslah mendukung satu sama lain agar kehamilan ini bisa menjadi kebahagiaan untuk Mam dan suami.

Jangan Jadikan Ini Sebuah Tekanan

Kondisi mental ibu hamil akan sangat berpengaruh pada janin. Karena itu Mam tidak sebaiknya membuat ini sebagai sebuah tekanan yang dapat menyebabkan stres. Anggaplah kehamilan ini memang berkah untuk Mam dan keluarga, karena kelahiran si kecil bisa membawa kebahagiaan untuk semuanya.

Kurangi Kafein

Bila Mam termasuk pengonsumsi kafein dalam jumlah besar, sebaiknya segera kurangi konsumsinya. Memang, kehamilan yang tak direncanakan dapat berbuah stres dan Mam bisa jadi membutuhkan zat tersebut untuk tetap tenang. Tetapi kafein yang tinggi memiliki efek kurang baik pada janin. Tidak harus menghentikan konsumsi, cukup kurangi saja. Bila sehari biasanya Mam mengonsumsi empat gelas kopi (atau teh, karena teh juga memiliki kafein meski sedikit), kurangi menjadi dua atau bahkan satu gelas saja.

Mam juga bisa melakukan beragam kegiatan lain yang terbukti jitu menghilangkan stres seperti berjalan di pagi hari atau menonton film-film yang menyenangkan.

Kehamilan yang tak direncanakan memang bisa menjadi hal yang memusingkan. Namun Mam harus tetap bersyukur akan kehamilan ini karena si kecil yang akan segera hadir di dalam keluarga akan menjadi berkah yang tak ternilai.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :