Bagaimana Mengatasi Diabetes Saat Hamil?

Mengatasi diabetes saat hamil relatif lebih sulit dibanding saat sedang tidak hamil. Seperti yang sudah Mam ketahui bahwa diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Diabetes terjadi karena sel-sel pada bagian pankreas mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga menyebabkan hormon insulin tidak dapat diproduksi lebih banyak. Padahal insulin ini berperan penting dalam mengatur kadar gula dalam darah.

Apabila Mam tervonis menderita diabetes saat hamil maka perlu lebih waspada, karena Si Kecil dalam kandungan juga bisa sangat berisiko terkena penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa cara menanggulangi diabetes saat Mam sedang dalam kondisi hamil.

Mengurangi Konsumsi Gula

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penderita diabetes tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah layaknya orang normal. Oleh karena itu, sebaiknya Mam mengurangi makanan manis agar kadar gula tidak semakin meningkat. Mam juga bisa mengganti gula biasa dengan yang rendah kalori yang banyak dijual di pasaran.

Memperhatikan Asupan Karbohidrat

Pada penderita diabetes, karbohidrat tidak dapat dicerna secara baik oleh organ pankreas menjadi sebuah energi. Terlebih jika Mam mengalami diabetes saat hamil, sebaiknya mengurangi makanan yang tinggi kandungan karbohidratnya, seperti nasi. Lebih lanjut, Mam dapat menggantinya dengan bahan gandum yang lebih aman untuk kondisi kesehatan tubuh.

Menyertakan Protein Pada Menu Makanan

Perlu diketahui bahwa untuk mengatasi lonjakan gula darah yang sangat tinggi, Mam bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Pasalnya, protein dapat mengikat kadar glukosa atau gula secara lebih baik. Mam bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan ataupun ikan pada menu makan sehari-hari.

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Mengatasi diabetes saat hamil juga dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Hal ini dikarenakan makanan yang banyak mengandung serat mampu menetralisir kadar gula dalam darah. Pilih beragam jenis sayuran hijau, pepaya, atau jeruk yang tinggi serat untuk dikonsumsi secara rutin.

Rutin Sarapan Pagi

Dengan rutin melakukan sarapan pagi, Mam akan terhindar dari meningkatnya kadar asam lambung yang bisa mengganggu metabolisme tubuh terlebih bagi Mam yang mengalami diabetes. Pastikan Mam selalu sarapan secara rutin setiap pagi dengan rekomendasi menu-menu yang sudah disebutkan di poin-poin sebelumnya.

Giat Berolah Raga

Siapa bilang ibu hamil tidak bisa berolah raga? Mam bisa tetap berolah raga ringan setiap harinya, seperti berjalan santai atau berenang. Hal ini juga merupakan bagian penting dari pengobatan diabetes. Aktivitas fisik secara teratur tidak hanya aman bagi wanita hamil, namun juga memiliki manfaat kesehatan untuk menghindari masalah pada kehamilan, seperti varises, kram kaki, kelelahan, dan sembelit. Bagi wanita pengidap diabetes, olahraga yang dilakukan terutama setelah makan dapat membantu otot-otot mengalirkan glukosa dalam aliran darah dan membantu menjaga kadar gula darah.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Mam lakukan untuk mengatasi diabetes saat hamil. Pastikan juga untuk rutin memeriksa tekanan darah dan kondisi Si Kecil dalam kandungan, ya Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :