Berbahaya! Hindari Makanan Ini untuk Kesehatan Ibu Hamil

Memenuhi asupan nutrisi penting hukumnya bagi setiap manusia, terlebih di saat sedang dalam masa kehamilan. Hal itu dikarenakan saat masa kehamilan Mam tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi bagi diri sendiri tetapi juga untuk janin. Namun, tahukah Mam ada beberapa makanan yang berbahaya bagi ibu hamil. Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya!

Ikan Bermerkuri

Merkuri merupakan salah satu zat logam yang memiliki kadar racun tinggi. Logam jenis ini mudah ditemukan pada air yang terkontaminasi limbah. Hal ini dapat terjadi karena masih banyak pabrik yang membuang limbahnya ke laut atau sungai, karena dinilai lebih hemat. Padahal laut dan sungai merupakan habitat asli beragam jenis ikan.

Jika zat ini terakumulasi dalam tubuh, maka dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam (terutama ginjal), sistem saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya Mam menghindari jenis makanan yang satu ini saat sedang mengandung.

Ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi misalnya ikan hiu, tongkol, makarel, dan tuna. Mam bisa menggantinya dengan jenis ikan yang lain seperti salmon yang kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin.

Daging Mentah

Ada kalanya, beberapa jenis makanan disajikan dalam kondisi mentah. Tujuannya adalah untuk menjaga kesegaran dan membangkitkan cita rasa aslinya. Namun, ternyata jenis makanan yang satu ini berbahaya untuk ibu hamil yang sedang mengandung. Hal itu karena daging mentah mengandung bakteri berbahaya seperti Toxoplasma, E. Coli, Listeria, dan Salmonella.

Daging olahan seperti hot dog atau sosis juga sebaiknya dihindari Mam yang sedang mengandung. Hal itu dikarenakan daging olahan memiliki potensi terpapar bakteri jahat pada masa penyimpanannya.

Telur Mentah

Telur mentah mengandung bakteri jahat Salmonella yang dapat mengganggu perkembangan janin sehingga meningkatkan risiko lahir prematur. Mam juga harus menghindari makanan yang menggunakan telur mentah sebagai bahan dasarnya, seperti icing dari cake, es krim homemade, dan saus Hollandaise.

Kafein

Mam doyan mengkonsumsi kopi di pagi hari? Ada baiknya selama masa kehamilan kebiasaan tersebut dihentikan dahulu. Kopi mengandung kafein yang tinggi. Kafein akan meningkatkan risiko keguguran. Hindari meminum kopi pada awal trimester kehamilan, karena kafein memilki sifat untuk menyedot cairan dalam tubuh. Ini akan membahayakan jabang bayi Mam.

Itu tadi empat jenis makanan yang harus dihindari saat Mam sedang mengandung. Jika makanan dalam daftar di atas merupakan makanan kesukaan Mam, cobalah untuk menggantinya dengan jenis makanan lain. Sebagai contoh, jika Mam menyukai ikan makarel, Mam bisa mencoba salmon sebagai penggantinya.

Jadi Mam, yuk lindungi kandungan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan tidak berbahaya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :