Bolehkah Konsumsi Nanas saat Hamil?

 

Hingga kini masih banyak omongan orang-orang yang membahas tentang apakah mengonsumsi nanas di masa kehamilan, benar? Umumnya, berpendapat bahwa dengan mengonsumsi nanas akan berakibat buruk untuk kandungan, seperti keguguran atau membuat persalinan terjadi lebih awal. Tetapi tenang Mam, anekdot seperti itu hingga kini tidak terbukti secara ilmiah. Malahs sebaliknya, mengonsumsi nanas justru baik untuk asupan nutrisi ibu yang sedang mengandung, asal tentu dengan porsi yang wajar.

Nanas mengandung Bromelain

Bromelain adalah nama enzim pemecah protein dan yang didapat dari nanas, buah dan batang tumbuhannya. Enzim ini juga umum diekstrak dan diproduksi menjadi tenderises (pengempuk) daging, ini dilatarbelakangi oleh kemampuan alamiah dari bromelain. Dalam artikel ilmiah yang ditulis oleh Chaurasiya dan lain-lain., dipublikasi oleh Journal of Food Science and Technology (Juni 2015), menjelaskan bahwa penggunaan bromelain amat luas seperti di industry pangan, kosmetik dan medis.

Dalam dunia medis, dengan mengonsumsi bromelain secara oral dapat mengurangi pembengkakan, peradangan, relaksasi otot, membantu produksi jaringan baru akibat luka bakar, mempermudah penyerapan antibiotik dan mencegah kanker

Bromelain dan kehamilan

Konsumsi nanas di masa kehamilan yang tak jarang dilarang oleh masyarakat, seperti anekdot membahayakan kandungan, keguguran dan mempercepat datangnya persalinan bisa jadi disangkutpautkan oleh kemampuan alamiah enzim bromelain ini, yakni mampu memecah protein. Bahkan penggunaan komersil bromelain untuk pengempuk daging bisa jadi memperkuat anekdot bahaya mengonsumsi nanas saat masa kehamilan.

Ditambah dengan kandungan asam dalam nanas yang jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti mudah ingin BAB bahkan diare. Rangsangan pada usus besar untuk BAB juga dapat menstimulasi rahim. Bahkan, untuk mendapatkan efek “gangguan kandungan” seperti keguguran dan mempercepat datangnya persalinan, Mam harus mengonsumsi 7 hingga 10 buah nanas! Merepotkan bukan?

Manfaat mengonsumsi nanas

Konsumsilah nanas dalam porsi sewajarnya di masa kehamilan. Nutrisi yang terkandung dalam nanas, mulai dari vitamin C, asam folat, zat besi hingga vitamin B-6 juga dibutuhkan selama masa kehamilan. Enzim bromelain sendiri dalam artikel ilmiah yang ditulis oleh Pavan dkk, dalam jurnal Biotechnology Research International (2012), juga bermanfaat untuk mencegah kanker, diabetes dan berbagai penyakit cardiovascular jika dikonsumsi secara wajar dan teratur.

Jadi, konsumsi nanas secara umum memang aman untuk ibu-ibu di masa kehamilan, dengan catatan dikonsumsi dalam porsi wajar. Kalaupun Mam merasa khawatir, cobalah untuk mengonsumsi nanas yang sudah di jus atau dalam kalengan, karena bromelain akan mudah hancur melalui proses blending dan pengemasan tersebut. Jangan lupa untuk mengonsultasikan asupan di masa kehamilan dengan dokter Mam, agar mendapat saran dan penanganan yang tepat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :