Cara Pintar untuk Menyiasati Olahraga di Musim Hujan Bagi Mam yang Sedang Hamil

Mam, kehamilan bukan menjadi halangan bagi Anda untuk tidak berolahraga, justru harus dilakukan karena dapat memberikan efek positif dan juga bermanfaat bagi ibu dan juga bayi. Namun mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti ini terkadang justru menghalangi Anda untuk berolahraga, terlebih lagi menurut ahli kesehatan dan dokter yang melarang para ibu hamil berolahraga di dalam kondisi cuaca yang buruk seperti ketika musim hujan. Mam, tenang saja, berikut beberapa cara menyiasati olahraga untuk Anda yang sedang hamil ketika musim hujan.

Lakukan Pekerjaan Rumah Sendiri

Mam, ketika sedang turun hujan, terkadang membuat Anda sulit untuk bepergian ke luar rumah apalagi untuk berolahraga. Oleh karena itu, Anda bisa menyiasati olahraga di luar rumah dengan cara mengerjakan beberapa pekerjaan rumah Anda sendiri, seperti bersih-bersih rumah, mencuci, memasak atau menyetrika. Beberapa pekerjaan rumah tersebut adalah kegiatan yang dapat membakar kalori seperti ketika olahraga. Mam, tetap perhatikan jumlah beban pekerjaan yang Anda kerjakan karena Anda sedang hamil. Usahakan untuk tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan juga banyak.

Peregangan

Mam, ada beberapa pekerjaan yang dapat Anda lakukan tanpa harus berada di luar ruangan, salah satunya adalah melakukan peregangan. Melakukan peregangan ketika Anda hamil dapat memberikan manfaat seperti menjaga agar sendi tetap rileks dan kulit akan menjadi lebih kencang dan fleksibel. Mam dapat melakukan peregangan tersebut di mana saja bagian rumah Anda, di kamar, ruang tamu, ataupun ruang keluarga.

Aerobik dengan Video

Mam, kemajuan teknologi dewasa ini tentu semakin memudahkan Anda untuk melakukan banyak hal, termasuk olahraga. Ketika hujan sedang turun dengan derasnya di luar sedangkan Anda harus berolahraga, cobalah untuk menyiasatinya dengan cara melakukan aerobik di rumah dengan bantuan video. Pastikan Anda telah memilih video aerobik yang sesuai dengan kebutuhan Anda khususnya sebagai ibu hamil. Lakukan olahraga ini selama setidaknya 30 menit dalam sehari.

Naik Turun Tangga

Bagi Mam yang memiliki rumah bertingkat, Anda juga bisa menggunakan tangga untuk menyiasati kegiatan berolahraga Anda ketika sedang turun hujan. Mam, cobalah untuk berjalan naik dan turun tangga di rumah selama kurang lebih 20 menit. Menurut seorang spesialis prenatal dan postnalat dari California mengatakan bahwa naik turun tangga ketika hamil hingga mencapai minggu ke-36 selama 20 menit dapat memberikan banyak manfaat.

Menari

Mam, siapa bilang olahraga tidak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan? Jawabannya adalah dengan menari. Anda dapat melakukan aktivitas fisik dan membakar kalori dengan cara menari lengkap diiringi dengan lagu yang menyenangkan di dalam rumah. Ajaklah pasangan ataupun orang yang ada di rumah agar kegiatan menari Anda semakin seru.

Mam, itulah beberapa cara menyiasati kegiatan olahraga untuk ibu hamil ketika musim hujan. Pastikan juga Anda tidak mengesampingkan konsumsi air putih selama melakukan olahraga agar terhindar dari dehidrasi. Bagikan pengalaman olahraga selama hamil Anda di kolom komentar, ya Mam. Semoga bermanfaat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :