Empat Tanda Kehamilan yang Sering Dilupakan Banyak Orang

Mam, masih ingatkah kapan Anda baru menyadari bahwa Anda sedang mengandung Si Kecil? Sebenarnya, terdapat beberapa tanda kehamilan awal yang sudah mulai bisa dirasakan satu atau dua minggu setelah melakukan hubungan seksual. Namun nyatanya, sekitar 60-90% wanita baru menyadari kehamilan mereka pada saat janin sudah berusia enam sampai delapan minggu.

Jika Mam merupakan orang yang tidak mencatat siklus menstruasi dari satu bulan ke bulan lainnya atau tidak mengalami menstruasi yang lancar, sangat mungkin bagi Mam jika tidak menyadari suatu kehamilan. Tetapi apabila Mam mulai merasakan gejala-gejala tertentu yang biasanya tidak pernah Anda rasakan, bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda kehamilan. Oleh sebab itu, berikut empat tanda kehamilan yang sering dilupakan banyak orang:

  1. Perut terasa keram dan adanya bercak darah

Mam, pada minggu-minggu awal kehamilan (minggu 1-4), semuanya masih dalam tingkat sel. Telur yang telah dibuahi menciptakan blastokista yang kemudian akan berkembang menjadi organ dan tubuh bayi. Sekitar minggu keempat setelah pembuahan, blastokista tersebut akan ditanam pada endometrium, lapisan rahim. Hal inilah yang dapat menyebabkan pendarahan yang sering disalahartikan bahwa sebagai menstruasi dan mengira bahwa dirinya tidak hamil. Berbeda dengan menstruasi, bercak darah akan terlihat ketika Mam menyeka area kewanitaan. Sakit yang dirasakan pun beragam. Namun hanya 28% wanita yang merasa sangat kesakitan saat periode ini. Pendarahan akan terjadi selama ±3 hari dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Perlu diperhatikan, jika sedang mengalami ini hindari merokok, meminum alkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang yang akan memicu pendarahan yang lebih berat.

  1. Sering buang air kecil dan inkontinensia (ketidakmampuan menahan air kencing)

Saat hamil, tubuh akan memompa lebih banyak jumlah darah. Hal tersebut menyebabkan ginjal memproses lebih banyak cairan dari biasanya dan menuntun pada banyaknya cairan yang terdapat dalam kandung kemih. Jadi, bila Mam merasa ingin selalu ke kamar mandi atau bahkan tanpa sengaja bocor, mungkin ini adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh Anda bahwa Mam akan menjadi seorang ibu.

  1. Kelelahan

Jika Mam tiba-tiba merasa sering kelelahan, bisa jadi Mam sebenarnya sedang mengandung Si Kecil. Belum banyak ahli yang bisa memastikan penyebab wanita yang baru hamil selalu merasa lelah, namun ada beberapa yang berpendapat hal tersebut terjadi karena hormone progesterone yang meningkat sehingga membuat wanita lebih cepat mengantuk. Selain itu, morning sickness dan ingin buang air kecil terus-terusan sepanjang malam juga dapat menambah kelesuan. Mam akan kembali merasa lebih enerjik ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Namun, kelelahan akan kembali datang pada akhir kehamilan ketika berat badan meningkat dan dikarenakan oleh beberapa ketidaknyamanan yang umum terjadi pada kehamilan sehingga sulit mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Payudara terasa sakit

Gejala lainnya yang dapat dirasakan oleh wanita yang baru saja mengandung adalah payudara yang sensitif, bengkak, dan terasa sakit akibat meningkatnya kadar hormon. Rasa sakit di payudara akan kembali mereda secara signifikan setelah trimester pertama, saat tubuh Anda mulai menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

Perlu diingat, Si Kecil sudah mulai berkembang bahkan sebelum Mam sadar sedang mengandung dirinya. Oleh sebab itu, bila Mam merasakan tanda atau gejala seperti yang dijelaskan di atas, segeralah lakukan tes kehamilan atau pergi ke dokter kandungan. Jangan lupa juga untuk terus menjaga kesehatan demi kebaikan Si Kecil.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :