4 Tips Atasi Rasa Nyeri Pada Vagina Ibu Hamil

Kehamilan membawa beberapa perubahan pada tubuh Ibu hamil. Seiring dengan membesarnya perut maka akan terjadi pula beberapa keluhan yang biasa dialami oleh Ibu hamil. Salah satunya adalah rasa ngilu atau nyeri pada vagina. Beberapa Ibu hamil merasakan vaginanya nyeri atau ngilu, seperti ditekan-tekan dari dalam secara mendadak. Rasa nyeri ini akan timbul saat berjalan ataupun bangkit dari duduk.

Keluhan nyeri pada miss V ini biasanya dialami oleh Ibu hamil dengan usia kehamilan memasuki trimester ketiga atau pada bulan kedelapan dan kesembilan. Hal ini disebabkan karena vagina atau jalan lahir melunak dan jaringan di sekitarnya meregang. Kondisi tersebut menandakan bahwa sebentar lagi bayi Anda akan lahir. Namun, selain alasan tersebut, keluhan pada miss V ini disebabkan oleh beberapa faktor atau kondisi tertentu pada diri Ibu hamil, antara lain:

  • tertekannya leher rahim atau serviks.
  • mulai masuknya kepala bayi ke daerah pinggul sehingga menekan saraf pada vagina.
  • tertariknya ligamentum penggantung rahim di dinding perut karena semakin membesarnya rahim.
  • gerakan janin yang semakin kuat, seiring dengan ukuran janin yang semakin besar.
  • merasa kelelahan yang berlebihan.
  • kebiasaan menahan buang air kecil.

Rasa nyeri ini tentu mengganggu kenyamanan sehingga dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Karena itu, rasa nyeri ini perlu segera Anda atasi. Tapi, bagaimana cara mengatasinya? Jangan bingung, Mam, berikut ini beberapa tips dalam mengatasi rasa nyeri dan ngilu pada organ intim Anda.

  1. Hindari rasa lelah yang berlebihan
    Selama hamil, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang berlebihan. Rasa lelah akan memicu timbulnya rasa nyeri pada vagina. Namun, Anda juga tidak disarankan untuk hanya berdiam tanpa aktivitas sama sekali karena kebiasaan ini juga akan menyebabkan rasa ngilu pada organ intim Anda. Jadi, sebaiknya lakukan aktivitas yang berimbang dan sesuaikan dengan kemampuan Anda ya, Mam.
  1. Mengikuti senam hamil
    Gerakan-gerakan dalam senam hamil bermanfaat mengatasi beberapa keluhan kehamilan, seperti mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada vagina. Ikuti senam hamil dengan instruktur profesional, namun sebaiknya minta persetujuan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengikuti senam hamil.
  1. Atur posisi tidur yang nyaman
    Posisi tidur dengan miring ke samping kiri dan kaki ditekuk membentuk siku-siku dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada vagina. Selain itu, posisi sujud sebelum tidur juga dapat mengurangi rasa nyeri karena posisi bayi di dalam rahim nyaman.
  1. Pakailah celana dan sepatu yang nyaman
    Pilihlah celana dalam dan luar yang tidak ketat dan terbuat dari kain yang menyerap keringat. Selain itu, hindarilah memakai alas kaki dengan tumit tinggi. Hal ini juga bermanfaat mencegah rasa nyeri pada vagina.

Tips di atas dapat Anda coba untuk meringankan rasa nyeri dan ngilu pada vagina Ibu hamil. Namun, apabila gangguan ini tidak berkurang atau malah rasa nyeri makin hebat, segera periksakan ke dokter kandungan agar dapat ditangani secara serius. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Comments :