5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Kehamilan merupakan berkah luar biasa yang dialami seorang perempuan. Begitu banyak perempuan berusaha dengan berbagai cara agar bisa mendapatkan kehamilan. Anugerah ini wajib dijaga agar janin dalam rahim lahir ke dunia dalam keadaan semhat. Sayangnya, terkadang banyak calon ibu muda yang tidak mengerti bahwa kebiasaan yang mereka lakukan selama ini bisa membahayakan janin dan berisiko mengalami keguguran. Berikut ini beberapa hal yang harus Mam hindari ketika mengandung buah hati.

Memakai pakaian terlalu ketat

Banyak ibu hamil yang tetap ingin terlihat modis ketika sedang mengandung. Mereka berpikir bahwa itu merupakan kompensasi dari perubahan bentuk tubuh yang mereka dapatkan selama kehamilan. Kadang ada saja ibu hamil yang memaksakan fashion dengan menggunakan model baju tidak sesuai dan terlalu ketat di bagian perut.

Sebaiknya hal ini dihentikan ya, Mam, karena akan membuat janin merasa tertekan dan kesulitan mendapatkan asupan oksigen secara sempurna. Janin juga akan kesulitan bergerak dan ada risiko iritasi pada perut bila zat kimia pada pakaian bereaksi dengan keringat.

Stres dan tertekan

Bayi di dalam kandungan ternyata sangat peka dengan perasaan sang ibu. Janin memiliki ikatan yang sangat kuat sehingga bila ibu hamil stres, merasa tertekan, dan marah, maka janin bisa merasakan hal itu. Lakukan aktivitas yang menyenangkan dan terus berpikir positif selama kehamilan agar janin tidak terganggu. Apapun harus Mam lakukan agar tidak stres karena efek paling berbahaya adalah keguguran, terutama bila usia kehamilan masih sangat muda atau pada trimester pertama.

Memakai high heels

Memakai sepatu hak tinggi (high heels) sangat berisiko karena tubuh ibu hamil akan menjadi tumpuan berat badan, terutama bagian punggung dan otot pinggang. Sepatu hak tinggi membuat otot yang bekerja untuk pinggang semakin tegang dan membuat tidak nyaman pada bagian punggung, pinggang, dan betis. Kebiasaan ini juga menyebabkan Mam mudah lelah, kaki bengkak, dan mudah jatuh karena keseimbangan yang buruk. Risiko yang paling berbahaya adalah kontraksi karena ketegangan otot ataupun keguguran akibat jatuh.

Mengonsumsi makanan tidak sehat

Selama hamil, sebisa mungkin hindari makanan mentah dan makanan yang mengandung pengawet.  Berbagai jenis makanan mentah seperti sashimi, sushi, dan daging sapi mentah rentan terhadap virus, bakteri, dan parasit seperti cacing. Sementara, makanan mengandung pengawet bisa menyebabkan kelainan pada janin dan keguguran.

Memelihara binatang

Punya binatang peliharaan seperti anjing dan kucing memang menyenangkan. Namun, sebaiknya Mam tidak melakukan hal itu selama masa kehamilan. Hindari kontak fisik dan tidak mendekatinya karean mereka dapat membawa virus toksoplasma. Bila virus tersebut masuk ke dalam janin, maka risikonya adalah keguguran atau cacat janin.

 

Nah, sebaiknya hindari kebiasaan di atas ya, Mam, agar janin tetap sehat dan lahir dalam kondisi lengkap dan sehat. Semoga Mam dan Si Kecil bisa selalu sehat sampai masa persalinan nanti!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :