6 Buah-buahan Bernutrisi untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disarankan untuk selalu dikonsumsi oleh Ibu hamil. Makanan kaya serat, vitamin, dan mineral ini bermanfaat untuk mencegah sembelit yang sering dikeluhkan oleh Ibu hamil serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Karena itu, buah-buahan diwajibkan untuk selalu hadir dalam menu Anda.

Ada banyak jenis buah-buahan. Namun, ada beberapa jenis buah yang sangat baik dikonsumsi saat puasa. Nah, bagi Ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa perlu mengonsumsi buah-buahan berikut ini.

  1. Pisang
    Kandungan zat besi dalam pisang sangat diperlukan oleh Ibu hamil untuk mencegah anemia. Selain rasanya yang enak, buah ini mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B6 untuk melancarkan pencernaan, asam folat untuk pembentukan saraf janin dan mencegah dari kecacatan, kalium untuk mencegah kaki kram yang sering terjadi pada Ibu hamil, dan kalori untuk menghasilkan energi. Namun, Ibu hamil jangan mengonsumsi pisang terlalu banyak karena satu buah pisang mengndung 80–100 kalori. Mengonsumsi pisang pada saat berbuka dan sahur sangat disarankan bagi Ibu hamil.
  1. Kurma
    Kurma mengandung glukosa yang mudah diserap oleh tubuh dan banyak menghasilkan energi. Serat kurma dapat meningkatkan kinerja organ pencernaan dan melancarkan buang air besar. Mengonsumsi kurma saat berbuka dapat meningkatkan kebasaan lambung yang terlalu asam selama berpuasa. Kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma bermanfaat mengusir anemia, membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, mencegah osteoporosis, dan lainnya.
  1. Jeruk
    Aroma dan rasa segar buah ini juga sangat membantu mengusir rasa mual pada Ibu hamil saat berpuasa. Jeruk mengandung banyak vitamin dan mineral, di antaranya kaya akan vitamin C dan asam folat. Vitamin C bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, berperan sebagai antibodi melawan berbagai penyakit, seperti influenza. Sedangkan, asam folat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.
  1. Semangka
    Kandungan air dalam semangka yang hampir 90% sangat bermanfaat bagi Ibu hamil untuk menambah cairan tubuh dan mengusir rasa mual saat berpuasa. Sedangkan, vitamin C dan A yang terkandung di dalamnya membantu perkembangan otak dan sistem imun pada bayi. Bahkan, semangka dapat mencegah pra-eklampsia pada Ibu hamil.
  1. Pepaya
    Pepaya sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit pada Ibu hamil. Kandungan mineral buah ini sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi saat berpuasa. Selain itu, kandungan vitamin C dalam pepaya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.
  1. Alpukat
    Alpukat dapat Anda jadikan sumber energi setelah Anda berpuasa. Alpukat juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, kandungan asam folat dalam alpukat bermanfaat menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak janin dan mencegah terjadinya kelainan pada janin.

Buah-buahan di atas sangat cocok dikonsumsi saat Anda berpuasa. Khasiat buah-buahan tersebut dalam menunjang kesehatan dan kehamilan Anda tidak perlu diragukan lagi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Comments :