6 Manfaat Ubi Jalar Bagi Ibu Hamil

Anda menyukai ubi jalar, Mam? Memang jenis bahan makanan tradisional ini banyak diminati orang. Di samping rasanya yang manis, ubi jalar rebus sedap disantap bersama segelas teh hangat. Bahkan, bagi beberapa ibu hamil, salah satu jenis umbi-umbian ini menjadi makanan favorit. Terpilihnya ubi jalar menjadi makanan yang banyak diburu oleh ibu hamil ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi atau manfaat ubi jalar bagi kehamilan. Nah, apa sajakah manfaat ubi jalar bagi Anda dan janin? Berikut ulasannya ya, Mam.

  1. Menjaga kesehatan mata
    Ubi jalar mengandung banyak vitamin A. Satu cangkir ubi jalar mengandung 1.922 mikrogram vitamin A. Jumlah ini melebihi dari kebutuhan ibu hamil akan vitamin dalam sehari yaitu sebesar 700 mikrogram. Vitamin A bermanfaat menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan.
  1. Mencegah sembelit atau konstipasi
    Serat alami dalam ubi jalar bermanfaat memperlancar sistem pencernaan. Hal ini berguna dalam mencegah sembelit pada ibu hamil. Dalam satu cangkir ubi jalar mengandung 6,6 gram serat. Sedangkan dalam sehari ibu hamil membutuhkan serat sebesar 28-34 gram.
  1. Mencegah anemia
    Ubi jalar mengandung zat besi. Terpenuhinya zat besi bagi ibu hamil bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan darah.
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Vitamin C dalam ubi jalar bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu, juga berguna dalam menjaga daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh dari berbagai serangan jenis penyakit. Hal inilah yang membuat ubi jalar dikenal sebagai sumber prebiotik. Serat ubi jalar dapat mengubah mikroba yang membentuk antiobodi yang bagus dalam menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.
  1. Meningkatkan pembentukan sel darah merah dan mengusir morning sickness
    Ubi jalar mengandung vitamin B6 sebesar 1,9 mg. Sedangkan, setiap harinya ibu hamil membutuhkan vitamin B6 sebesar 0,6 miligram. Vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah dan mencegah morning sickness pada ibu hamil.
  1. Mencegah kram kaki
    Ubi jalar mengandung kalium tinggi yang bermanfaat untuk mencegah keluhan kehamilan, seperti kram kaki, nyeri sendi, dan kaki bengkak (edema). Bahkan, kalium ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, lho, Mam.

Nah, dari uraian di atas diketahui bahwa ubi jalar memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, kalium, dan zat besi. Melihat kandungan tersebut, kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak menyantap ubi jalar ini, Mam. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :