6 Tips Mencegah Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Sakit gigi bisa dialami oleh ibu hamil. Beberapa ketidaknyamanan selama kehamilan, seperti mual dan muntah (morning sickness), produksi air liur yang berlebih, perubahan PH (keasaman) mulut, sensitifitas gusi akibat perubahan hormon membuat ibu hamil rentan mengalami sakit gigi jika ibu hamil tidak rajin menyikat gigi dan berkumur. Bakteri dan kuman dalam mulut dapat menyebabkan beberapa permasalahan seputar rongga mulut, seperti bau mulut, sariawan, dan gigi berlubang. Apabila beberapa gangguan kesehatan rongga mulut itu tidak segera diatasi maka akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Bayi lahir prematur hingga keguguran dapat terjadi akibat gangguan kesehatan seputar rongga mulut tersebut.

Apabila Anda mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Berikut ini tips mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan gigi dan mulut secara aman selama kehamilan.

  1. Rajin menyikat gigi 2x sehari
    Sikatlah gigi 2x sehari (pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur). Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang halus dan sikatlah gigi Anda dengan benar selama 2 menit. Anda dapat mengatasi keasaman mulut yang berlebih dengan berkumur air hangat yang dicampur ½ sdt garam dapur.
  1. Mengobati sakit gigi dengan cara herbal
    Mengobati gigi berlubang bisa dilakukan dengan cara herbal, yaitu memasukkan beberapa butir cengkeh yang sudah disangrai ke dalam gigi berlubang, lalu tutup dan tekan ringan dengan kapas. Atau, Anda bisa juga mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada gigi berlubang untuk meredakan rasa nyeri.
  1. Berkumur dengan air hangat
    Anda dapat berkumur dengan air hangat untuk meredakan rasa sakit gigi dan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Anda bisa juga berkumur dengan air rebusan daun sirih sebagai antiseptik. Penggunaaan benang gigi juga disarankan untuk memaksimalkan pembersihan material yang menyelip pada sela-sela gigi.
  1. Mengompres gigi
    Tempelkan handuk hangat atau kantung berisi air hangat pada pipi yang giginya terasa sakit. Selain itu, Anda bisa juga menempelkan es pada gusi yang sakit. Air hangat atau dingin ini bersifat meringankan rasa nyeri pada gigi atau gusi yang sakit.
  1. Batasi mengonsumsi makanan manis
    Makanan manis yang tersisa pada gigi berisiko menyebabkan gigi berlubang. Untuk itu, biasakan untuk berkumur ataupun menyikat gigi setelah Anda mengonsumsi makanan manis ini.
  1. Tingkatkan makanan yang mengandung kalsium
    Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Tingkatkan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi, seperti susu, keju, yoghurt, dll.

Kesehatan gigi dan mulut ibu hamil harus benar-benar terjaga agar tidak mengganggu proses kehamilan hingga kelak melahirkan bayi yang sehat. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut saat kehamilan, Anda dapat melakukan beberapa tips di atas serta periksakan kondisi gigi dan mulut Anda ke dokter secara rutin. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :