7 Jenis Makanan untuk Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Sembelit bisa dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Bahkan sembelit menjadi salah satu gangguan kehamilan yang sering terjadi. Sembelit atau konstipasi ditandai dengan feses menjadi keras sehingga Anda kesulitan buang air besar dan perut terasa mulas. Sembelit pada masa kehamilan disebabkan adanya peningkatan hormon progresteron yang menyebabkan gerak usus menjadi melambat. Kondisi ini mengakibatkan kotoran menumpuk dalam usus lebih lama dan susah dikeluarkan.

Sembelit pada ibu hamil dapat diperparah dengan pola makan ibu yang salah, seperti banyak mengonsumsi makanan yang susah dicerna, terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung zat besi, kurang mengonsumsi serat dalam bentuk buah dan sayur, serta kurang minum. Karena itu, diharapkan ibu hamil menyadari pentingnya mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bermanfaat mencegah terjadinya sembelit.

Anda ingin tahu beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi sembelit? Ini ulasannya ya, Mam.

  1. Kismis
    Buah kismis bermanfaat sebagai pencahar alami karena mengandung cukup serat. Sebelum Anda mengonsumsi buah kismis ini, sebaiknya buah tersebut direndam terlebih dahulu, lalu makanlah setiap pagi.
  1. Pepaya
    Pepaya mengandung vitamin C dan memiliki serat tinggi. Hal ini bermanfaat mengatasi sembelit. Jadikan pepaya sebagai buah pencuci mulut, Anda pun terhindar dari sembelit.
  1. Strawberry
    Vitamin C dalam strawberry juga tinggi dan dapat mengurangi sembelit. Bahkan, buah ini bisa bersifat sebagai astringen untuk meredakan demam.
  1. Mentimun
    Mentimun mengandung kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin C. Jadikan mentimun sebagai lalapan maka Anda pun terhindar dari keluhan sembelit.
  1. Cincau
    Cincau kaya akan serat dan rendah kalori. Kandungan tersebut bermanfaat mengatasi sembelit, diare, perut kembung, demam, dan panas dalam. Selain itu, cincau juga berfungsi membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. Cincau dapat diolah menjadi campuran es buah yang nikmat diminum.
  1. Temulawak
    Ramuan temulawak juga dipercaya dapat mengatasi sembelit. Adapun cara membuat ramuan: bersihkan batang dan rimpang muda temulawak, lalu rebus sampai mendidih. Saring, kemudian minum selagi masih hangat. Minumlah ramuan ini sehari sebanyak 2-3 kali.
  1. Wortel
    Wortel juga kaya akan serat dan bermanfaat menyembuhkan sembelit, mengobati sakit saat buang air, meningkatkan aliran saat menstruasi, dan menjaga kesehatan kulit.

Sembelit memang menjadi keluhan yang wajar bagi ibu hamil. Namun, sudah sepatutnya Anda mengatasinya dengan cara aman, seperti memanfaatkan buah atau tanaman yang ada di sekitar Anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :