8 Cara Menghilangkan Bau Badan Saat Hamil

Apakah Anda menyadari bahwa produksi keringat Anda akan bertambah saat hamil? Memang Mam, ibu hamil akan mudah sekali berkeringat. Meski tidak beraktivitas berat, keringat Anda akan tetap bercucuran. Hal ini sangatlah normal karena berkeringat merupakan proses alami untuk mendinginkan suhu tubuh saat kepanasan. Banjir keringat saat hamil disebabkan beberapa hal, yaitu:

  • meningkatnya hormon progresteron yang menyebabkan pembuluh kecil pada kulit akan terbuka lebar sehingga suhu ibu hamil akan meningkat
  • meningkatnya aliran darah pada permukaan kulit sehingga ibu hamil akan merasa hangat dan merangsang kelenjar keringat untuk mendinginkan suhu tubuh
  • meningkatnya hormon estradiol yang menyebabkan bau badan Anda menjadi lebih kuat
  • bertambahnya usia kehamilan seiring dengan bertambahnya berat badan

Jika tidak disertai usaha menjaga kebersihan tubuh, banjir keringat ini dapat menyebabkan bau badan. Dan tentu hal ini sangatlah mengganggu kenyamanan Anda. Karena itu, salah satu gangguan kehamilan ini harus segera diatasi. Berikut beberapa tips yang bermanfaat untuk menghilangkan bau badan pada ibu hamil.

  1. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur
    Banyak mengonsumsi buah dan sayur dipercaya dapat mengatasi keluhan bau badan.
  2. Hindari mengonsumsi makanan pemicu bau
    Bawang putih, bawang merah, daging, makanan pedas merupakan beberapa jenis makanan yang dapat memicu bau badan. Untuk itu, Anda perlu menghindari jenis makanan tersebut ya, Mam.
  3. Rajinlah berolahraga
    Aktivitas berolahraga dapat mendorong keluarnya keringat dari dalam tubuh. Dengan begitu, bau badan Anda pun akan hilang.
  4. Banyak minum air putih
    Minumlah minimal 8-10 gelas setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga suhu tubuh tetap stabil sehingga mampu mengurangi bau badan Anda.
  5. Jaga kebersihan tubuh
    Mandilah dua kali sehari untuk membersihkan kotoran sumber bau dari tubuh Anda dan rajinlah mengganti pakaian Anda. Perhatikan juga kebersihan ketiak dan vagina Anda karena pada bagian inilah yang biasanya memengaruhi bau tak sedap tubuh Anda.
  6. Pakailah bedak anti jamur dan bakteri
    Pakailah bedak anti jamur dan bakteri seusai mandi agar menyegarkan tubuh dan mengusir bau badan Anda.
  7. Gunakan pakaian longgar
    Hindari mengenakan pakaian ketat atau sempit. Jenis pakaian ini menandakan tidak adanya sirkulasi udara sehingga memicu Anda merasa kepanasan dan berkeringat. Dengan begitu, tubuh Anda pun terancam mudah mengeluarkan bau tak sedap.
  8. Mandi berendam dengan campuran air perasan jeruk nipis
    Anda bisa mencegah bau badan yang mengganggu dengan mandi berendam dengan air yang sudah dicampuri perasan jeruk nipis.

Sangat mudah kan, Mam, tips mengatasi bau badan tak sedap saat hamil. Tak perlu deodorant ataupun minyak wangi mahal untuk mengusir bau badan. Tetap perhatikan kondisi tubuh Anda ya. Jika suhu tubuh Anda meningkat di atas batas normal dan terjadi dalam waktu lama, segera periksakan ke dokter karena ada kemungkinan tubuh Anda terkena infeksi kuman. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :