9 Manfaat Jahe Bagi Ibu Hamil

Siapa yang tidak mengenal jahe? Tanaman rimpang ini terkenal sebagai rempah yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan minuman, sekaligus obat. Di dunia kesehatan, jahe dinilai ampuh dalam menghalau berbagai jenis penyakit, seperti masuk angin, flu, sakit kepala, rematik, nyeri perut, dll. Khasiat jahe tersebut tentu tidak perlu diragukan lagi. Lalu, bagaimana dengan khasiat jahe terhadap ibu hamil? Ternyata jahe memiliki beberapa manfaat penting jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, berikut ini beberapa kahsiat jahe bagi kesehatan ibu hamil:

  1. Mencegah morning sickness
    Gejala morning sickness ditandai dengan rasa mual dan muntah. Biasanya hal ini akan dialami oleh ibu hamil muda. Nah, bagi Anda yang kerap dilanda mual dan muntah, sebaiknya Anda mengonsumsi jahe karena berfungsi melumpuhkan serotonin, yaitu senyawa kimia yang menyebabkan kontraksi pada perut sehingga menimbulkan mual.
  1. Menurunkan tekanan darah
    Jahe berfungsi merangsang pelepasan hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah yang melebar maka secara otomatis mempercepat sekaligus memperlancar aliran darah sehingga kerja jantung pun ringan dalam memompa darah. Dengan demikian, tekanan darah Anda pun stabil, jauh dari gejala hipertensi.
  1. Melancarkan sistem pencernaan
    Jahe mengandung enzim lipase dan protease yang berfungsi mencerna lemak dan protein. Dengan begitu, jahe sangat membantu sistem pencernaan Anda. Selain itu, gejala sembelit, konstipasi ataupun diare yang bisa dialami saat hamil pun akan berkurang jika Anda mengonsumsi rimpang ajaib ini.
  1. Mencegah pembuluh darah tersumbat
    Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan yang berkhasiat mencegah darah tergumpal sehingga pembuluh darah pun tidak tersumbat. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari serangan jantung ataupun stroke.
  1. Mencegah masuk angin
    Mengonsumsi jahe mendatangkan rasa hangat pada perut. Karena itu, bagi Anda yang merasakan gejala kram perut dan masuk angin, konsumsilah jahe maka perut Anda pun kembali nyaman dan masuk angin pun hilang.
  1. Meredakan rasa sakit
    Rasa sakit atau nyeri akibat sakit kepala dan rematik, tentu sangat mengganggu. Jangan cemas, Mam, karena rasa tidak nyaman tersebut bisa diusir dengan mengonsumsi jahe.
  1. Meningkatkan sistem imun
    Jahe mengandung antioksidan yang berfungsi melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, jahe juga berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda akan terlindungi dari berbagai macam penyakit ringan, seperti flu, pilek, batuk, demam, dll.
  1. Meningkatkan nafsu makan
    Ibu hamil kerap mengalami nafsu makan menurun. Tapi tenang, karena hal ini dapat diantisipasi dengan mengonsumsi jahe, Mam.
  1. Mencegah heart burn
    Rasa panas pada ulu hati (heart burn) biasa muncul saat kehamilan. Hal ini disebabkan karena tekanan janin pada lambung sehingga mendorong aliran asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Nah, dengan mengonsumsi jahe ini dapat meringankan keluhan heart burn ini.

Nah, sudah tahu kan apa saja khasiat jahe bagi kehamilan. Anda bisa mengonsumsi berbagai macam olahan jahe supaya tidak bosan, seperti wedang jahe, wedang ronde, permen jahe, dan berbagai masakan yang mengandung jahe seperti soto dan rendang. Namun, perlu diingat ya, Mam, konsumsilah jahe secukupnya saja. Jika mengonsumsi jahe secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, seperti sulit tidur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi mengenai hal ini dengan dokter kandungan Anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :