Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit yang sudah menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia memang istimewa. Semua makanan seolah menjadi lebih lezat dengan kehadirannya. Tak heran bila seseorang bisa mengonsumsi lebih dari tiga buah kerupuk sekali lahap. Tetapi, apa ibu hamil seperti Mam juga boleh mengonsumsinya? Apa tidak ada hal yang berbahaya dari makanan ini? Berikut penjelasannya.

Kalori Tinggi Sebaiknya Jadi Pertimbangan

Meski tidak mengenyangkan, tetapi mengonsumsi tiga hingga enam buah kerupuk sama saja dengan makan sepiring nasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyaknya yang sangat tinggi di makanan pelengkap ini.

Kerupuk memiliki sifat yang sama dengan kentang, yakni bisa menyerap minyak dengan sangat banyak. Hasilnya, ketika dimakan Mam akan memakan beberapa sendok minyak sekaligus. Bila Mam sudah dalam ambang batas obesitas saat hamil sebaiknya mempertimbangkan kembali konsumsi kerupuk kulit.

Goreng Sendiri Lebih Baik

Bila memang benar-benar ingin makan, Mam bisa menggoreng sendiri kerupuk kulit tersebut. Dengan menggoreng sendiri, Mam bisa mengontrol minyak yang digunakan, juga bisa mengurangi penggunaan minyak yang berulang agar tak ada kandungan buruk yang masuk dalam kerupuk kulit.

Untuk alternatifnya, Mam bisa memasukkan kerupuk dalam oven untuk membuatnya jadi kering dan renyah. Meski cara ini tak akan bisa membuat kerupuk jadi selezat biasanya, tetapi lebih aman daripada mengonsumsi kerupuk yang dibeli di luar.

Tidak Berbahaya, Selama…

Sebenarnya, pengonsumsian kerupuk ini tak berbahaya bagi ibu hamil selama Mam memenuhi syarat-syarat ini. Yang pertama, pastikan kerupuk tidak mengeluarkan minyak berlebih ketika dipegang dengan tangan kosong. Kedua, pilih kerupuk yang tidak diberi pewarna. Warna yang terlalu putih pun juga tak baik, Mam. Tak hanya penyedap yang tingi, kerupuk yang terlalu putih juga bisa menjadi tanda bahwa makanan tersebut memiliki boraks.

Jadi, selama Mam bisa memilih kerupuk yang baik dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat, makan kerupuk kulit saat hamil tak akan menjadi masalah. Bila perlu, Mam bisa membeli air fryer untuk mengurangi penggunaan minyak saat memasak. Tak hanya untuk kerupuk tetapi juga untuk masakan jenis lainnya. Mam pun bisa jadi lebih sehat.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :