Bagaimana Cara Menghindari Stres Saat Hamil?

Ada beberapa penyakit yang menyerang ketika orang sedang hamil. Pertama, penyakit yang wajar dan sering terjadi seperti mual-mual, pusing, hingga sakit punggung. Lalu, ada penyakit yang cukup berbahaya, misalnya mata kunang-kunan, hingga pendarahan. Selain itu, ada juga penyakit yang cukup berbahaya, yaitu stres saat hamil.

Ketika Mam stres saat hamil, ada beberapa masalah yang akan muncul. Daya tahan tubuh Mam akan berkurang drastis, kemudian kesehatan bayi di dalam janin juga akan menurun. Efek paling berbahaya adalah terjadi pendarahan hingga pada akhirnya keguguran. Oleh karena itu, Mam harus benar-benar menjaga agar tidak stres ketika hamil. Bagaimana caranya?

Cari tahu cara tidur yang baik

Mungkin Mam sudah tahu untuk menghindari stres saat hamil adalah istirahat yang cukup, tetapi bagaimana jika Mam sudah merasa istirahat yang cukup namun masih saja tidak nyaman dan akhirnya stres? Itu berarti ada yang salah dengan cara tidur Mam. Pertama, cara tidur yang baik untuk ibu hamil adalah persiapkan bantal dan guling yang cukup banyak. Letakkan selimut di bawah perut dan bantal di bawah kaki.

Jika bagian punggung sakit, letakkan bantalan di belakang punggung sampai merasa nyaman. Tidak perlu khawatir untuk tidur dalam keadaan duduk karena semakin nyaman akan semakin baik.

Fokus pada bayi

Cara selanjutnya adalah fokus pada bayi Mam. Misalnya, ketika usia janin memasuki dua bulan, Mam bisa mulai mengelus-elus perut dan tidak terlalu memforsir kegiatan. Lalu, jika sudah memasuki empat bulan, ketika janin bayi sudah bisa mulai mendengar, Mam bisa mulai berbicara dengan bayi setiap hari. Dengan begini, Mam tidak akan mudah stres ketika hamil sampai proses melahirkan nantinya.

Selalu curhat kepada Ayah

Cara terakhir yang wajib Mam lakukan adalah selalu curhat apapun kepada Ayah. Masalah kecil ataupun masalah besar Ayah harus tahu karena ini bisa mengurangi beban yang dirasakan Mam. Masalah pendarahan, masalah janin, atau bahkan masalah keuangan harus diselesaikan baik-baik bersama seluruh keluarga. Ingat ya, Mam, ketika mengandung Mam tidak sendirian karena selalu ada keluarga yang akan membantu.

Kunci dari bayi yang sehat adalah kenyamanan pada diri Mam. Ketika Mam merasa nyaman, kesehatan Mam dan janin bayi akan baik. Bahkan perkembangan otak janin bisa lebih baik.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :