Bagaimana Cara Merawat Payudara Selama Hamil?

Perawatan payudara menjadi hal yang sering kali terabaikan oleh ibu hamil, padahal ini adalah sesuatu yang penting untuk menjaga kelancaran menyusui setelah melahirkan nanti. Jadi apa saja yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk merawat payudaranya?

Tahukah ibu dan mama bahwa merawat payudara selama hamil adalah hal yang sangat penting untuk kelancaran menyusui setelah melahirkan nanti. Namun, selama ini banyak ibu hamil yang tidak menyadari betapa pentingnya perawatan payudara tersebut, karena malas atau mungkin belum mengetahui benar akan keuntungannya. Padahal jika dilakukan perawatan yang benar, payudara ibu bisa tetap terjaga baik selama menyusui kelak. Jadi apa saja yang dapat dilakukan oleh para ibu hamil untuk merawat payudara agar air susunya lancar setelah melahirkan?

Selama kehamilan, ibu disarankan untuk melakukan perawatan payudara semenjak usia kehamilan menginjak lima atau enam bulan. Salah satu bentuk perawatan yang bisa dilakukan adalah memijat payudara. Ibu hamil dapat memijat payudaranya sendiri ketika sedang mandi. Sebaiknya sebelum dipijat, payudara sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air, kemudian pijatlah dengan mengoleskan minyak.

Memijat payudara melibatkan kedua tangan dengan melakukan pijatan mengelilingi payudara sambil memutar searah jarum jam dan kemudian diputar berbalik arah atau berlawanan dengan arah jarum jam. Setelah itu dapat dilajutkan dengan memijat dari bagian bawah puting tapi tidak perlu memijat puting.

Setelah memijat payudara, cobalah untuk mengetuk-ngetuk payudara secara lembut menggunakan ujung jari agar dapat memperlancar sirkulasi darah. Lalu lanjutkan dengan membersihkan puting memakai kapas dan minyak atau baby oil yang berfungsi untuk melembabkan puting agar tidak mudah lecet saat menyusui nanti. Terakhir, bersihkan payudara dan puting dengan air hangat, kemudian menggunakan air dingin. Hal ini berguna untuk membuat sirkulasi darah menjadi lebih

Selain memijat, ibu hamil juga dapat melakukan perawatan payudara dengan memilih bra yang pas atau sesuai. Sebagaimana yang diketahui bahwa selama hamil terjadi pembesaran pada ukuran payudara ibu. Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan bra yang terlalu longgar atau ketat, karena apabila terlalu longgar bisa membuat payudara menjadi turun, sebaliknya jika terlalu ketat maka akan memperlambat perkembangan kelenjar payudara.

Bentuk perawatan lainnya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah senam payudara. Senam ini bermanfaat untuk memperkuat otot pektoralis di bagian dada ibu, sehingga membuat dada ibu menjadi lebih padat dan merangsang produksi ASI agar lebih baik.

Terlahir dari rahim seorang ibu yang sangat luar biasa dalam membesarkan dan menjaga buah hatinya telah menginspirasi saya untuk menularkan semangat hebat sosok wanita tersebut dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat membantu para ibu dan mama dalam merawat dan memelihara buah hati tercinta.

Related Posts

Comments :