Begini Posisi Tidur yang Pas Saat Anda Hamil

Saat hamil, susah tidur memang kerap terjadi pada Mam. Tetapi hal ini sebenarnya diatasi lho Mam! Bagaimana caranya?

Posisi Tidur untuk Trimester Pertama

Jangan bingung ketika Mam merasa gelisah pada trimester pertama kehamilan. Hal ini sangat umum terjadi pada ibu hamil, apalagi Mam yang baru pertama kali merasakannya.

Untuk Mam yang seperti ini, berikut adalah posisi tidur yang baik:

Miring

Miring posisi ke kiri lalu membentuk tubuh seperti huruf S bisa menjadi alternatif yang baik untuk Mam. Posisi ini tak hanya membuat Mam lebih nyaman, tetapi juga bisa mengatasi lelah yang berlebih.

Posisi miring ke kiri juga bisa mendukung aliran darah agar lebih lancar di dalam tubuh, membuat penyaluran oksigen dan gizi ke janin makin baik.

Gunakan Banyak Bantal

Menggunakan banyak bantal bisa menjadi solusi agar Mam merasa nyaman ketika mengandung. Pilih bantal dengan bahan lembut lalu letakkan di kepala, punggung dan kaki.

Selain itu, Mam sebaiknya menggunakan kasur dengan kualitas pegas yang baik, karena pegas yang sudah aus justru akan membuat beban pada tubuh makin berat dan tidur makin tak nyaman.

Posisi Tidur untuk Trimester Kedua

Masa ini umumnya adalah masa yang cukup nyaman untuk Mma yang sedang hamil. Tubuh sudah terbiasa dengan kehadiran si kecil dan bayi belum terlalu berkembang sehingga goncangan di dalam perut masih tidak banyak.

Namun bukan berarti Mam bisa tidur seenaknya karena hal ini juga berpengaruh pada janin. Agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan, Mam bisa mengikuti posisi tidur berikut:

Miring ke Kiri

Tubuh Mam dan janin akan lebih nyaman dengan posisi ini. Juga sama seperti trimester pertama, oksigen dan gizi akan mengalir lebih mudah.

Posisi Tidur untuk Trimester Ketiga

Gangguan saat trimester ketiga umumnya jauh lebih tak nyaman daripada trimester pertama. Hal ini bisa menyebabkan Mam susah tidur, padahal Mam tidak boleh sampai kehilangan jam tidur. Untuk sebab itu, Mam bisa mengikuti tips tidur untuk ibu hamil berikut ini:

Miring dengan Bantal

Tidur miring masih bisa menjadi opsi terbaik untuk Mam, namun kali ini coba letakkan satu bantal berbahan lembut diantara kaki. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit yang ada di perut.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :