Berapa Lama Wanita Bisa Hamil?

Kehamilan merupakan suatu anugerah Tuhan yang sangat dinanti-nantikan oleh pasangan suami istri yang baru menikah. Tetapi sama seperti halnya jodoh, tidak ada satu orang selain Tuhan yang tahu kapan tepatnya seseorang bisa diberi kepercayaan untuk memperoleh momongan. Selain kehendak dari Tuhan, kehamilan juga membutuhkan kesiapan fisik dan mental serta usaha yang lebih giat lagi dari para calon orang tua. Namun, kira-kira adakah waktu tertentu yang dibutuhkan seorang wanita untuk bisa hamil? Berikut penjelasannya.

Mengutip halaman kompas.com, sebuah penelitian di Amerika Serikat menujukkan kalau pada umumnya pasangan akan segera hamil setelah menikah selama tiga bulan. Namun hal tersebut tidaklah berlaku pada semua wanita, terbukti dari masih banyaknya jumlah wanita yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengandung karena beberapa faktor. Mulai dari faktor usia, memiliki kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan, dan atau memiliki kondisi yang mampu menghalangi kesuburan seseorang.

Mengutip halaman todaysparent.com, Alber Yuzpe seorang ahli Endokrinologi reproduksi sekaligus Co-founder Ilive Fertility Center di Vancouver mengatakan pula kalau beberapa wanita kemungkinan lebih mudah hamil dibandingkan dengan lainnya, begitu pula sebaliknya. Namun, terdapat pula beberapa data statistik yang ditemukan mengenai berapa lama waktu seorang wanita untuk hamil.

Pada wanita berusia 25 hingga 35 tahun dan sering melakukan seks tanpa kondom memiliki sekitar 20 persen kehamilan di setiap siklusnya, kata Yuzpe. Tetapi ketika Anda memasuki usia 35 tahun, maka peluang tersebut akan menurun dengan pasti. Misalnya saja pada usia ke-40, Anda hanya memiliki sekitar 8% kemungkinan hamil setiap bulannya. Sedangkan pada usia ke-42, turun menjadi dua kali lipatnya hingga 4%.

Jika Anda merupakan wanita berusia di bawah 37 tahun dan tidak memiliki masalah kesuburan untuk hamil, maka Anda memiliki kemungkinan hamil sekitar 45% dalam waktu tiga bulan, 60%-65% dalam waktu enam bulan, 85% dalam waktu setahun, dan 93% dalam waktu 18 bulan. Namun ada sekitar 7% dari wanita yang belum hamil dalam waktu 18 bulan dan memiliki kesuburan yang normal akan hamil seiring berjalannya waktu- sisanya akan membutuhkan bantuan medis agar bisa hamil, kata Yupze.

Keterangan waktu hamil yang dijelaskan di atas memang bisa dijadikan sebagai acuan Anda dan pasangan untuk konsultasi. Ketika Anda sudah mencoba selama satu tahun dan tak kunjung menemukan tanda-tanda hamil, memang langkah baik yang bisa diambil adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Memang tentunya ada kemungkinan wanita akan hamil secara alami jika terus mencoba, tetapi jika memiliki masalah kesuburan, memang langkah terbaiknya adalah dengan mendapatkan bantuan medis.

Jika Anda saat ini berusia 35 tahun ke atas, usia akan menjadi hal yang sangat berharga dalam urusan kehamilan, semakin cepat mendapatkan bantuan maka akan semakin baik. Buatlah perjanjian dengan seorang ahli jika Anda tidak hamil dalam waktu enam bulan. Karena menurut penelitian sekitar 90% pasangan akan hamil secara alami dan sisanya didiagnosa mengalami ketidaksuburan.

Diagnosa ini akan diberikan pada pasangan yang sudah mencoba selama satu tahun tetapi masih belum memperoleh keberhasilan untuk mengandung. Pasangan ini biasanya akan disarankan untuk segera mendapatkan bantuan medis agar cepat hamil. Orang tersebut juga bisa mempertimbangkan solusi lain seperti mencoba program bayi tabung atau adopsi.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :