Berat Badan Tidak Naik Saat Hamil, Normalkah?

Normalnya, seseorang akan naik berat badannya ketika hamil. Namun bila hal tersebut tak terjadi, Mam perlu menilik kembali berdasarkan hitungan berat badan Mam. Caranya?

Bila Berat Sudah Dalam Hitungan Obese, Sebaiknya Atur Pola Makan

Bila Mam termasuk di dalam hitungan berat badan obese atau obesitas, sebaiknya Mam memang tidak perlu menaikkan berat badan dan justru mengatur pola makan yang lebih sehat. Kehamilan membutuhkan asupan nutrisi yang baik, tak hanya mengenyangkan.

Konsultasikan dengan dokter dan ada baiknya untuk memintanya mengatur menu makan Mam. Memang sebaiknya selama hamil Mam mengurangi (bahkan tidak mengonsumsi) makanan yang di proses, bukan hanya fast food. Makanan seperti nugget dan sosis juga termasuk ke dalam daftar makanan yang di proses, lho!

Bila Termasuk Overweight, Jaga Berat Badan

Berat badan overweight hitungannya adalah berat badan normal orang hamil (10-12.5 kg dari hitungan berat badan normal bila tak hamil). Karena itu, sebaiknya Mam tidak menaikkan berat badan dan justru menjaga berat tersebut agar tidak berlebih atau berkurang dalam jumlah yang besar.

Sebaiknya, Mam kurangi makan-makanan yang diproses dan mulai makan yang bersih. Mam tidak perlu bingung dan sebaiknya tetap konsultasi ke dokter untuk kondisi ini.

Bila Dalam Kategori Normal, Sebaiknya Naikkan dengan Nutrisi yang Baik

Bila berat badan Mam masih dalam kategori normal dan tidak naik sedikit pun selama hamil, sebaiknya Mam segera konsultasi ke dokter. Memang, normalnya seseorang akan naik berat badannya ketika hamil hingga 12,5 kg, namun tidak sebaiknya Mam makan membabi buta untuk menaikannya.

Makan yang berlebihan, apalagi mengonsumsi seenaknya sendiri justru dapat memberikan tubuh kelebihan lemak, bukan nutrisi. Sehingga, jabang bayi pun tetap tidak mendapatkan nutrisi yang diperlukan meski Mam sudah makan sebanyak apapun.

Bila Mam Underweight, Ada Perlunya untuk Dinaikkan Secara Signifikan

Jika Mam termasuk dalam kategori underweight atau berat di bawah rata-rata normal dan tak naik ketika hamil, Mam tidak boleh tidak pergi ke dokter. Hal ini disarankan karena Mam harus menaikkan berat badan dan bisa jadi terjadi sesuatu di dalam tubuh Mam bila berat tak kunjung naik saat hamil.

Sama seperti yang lain, berat badan harus tetap dinaikkan dengan cara yang baik. Bukan dengan makan apapun secara membabi buta.

Intinya, Mam tak perlu panik dan konsultasikan ini pada dokter. Tak ada salahnya untuk mencoba makan dengan menu yang disiapkan oleh nutrisionis yang Mam percaya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :