Cara Agar Mam Bisa Tidur Cepat Saat Hamil

Membawa beban berat di perut cenderung membuat Mam lebih sulit menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain harus menjaga keseimbangan, Mam pastinya juga akan merasa tidak nyaman, bukan? Tak terkecuali saat akan tidur. Tak sedikit ibu hamil yang merasa kesulitan ketika akan tidur. Akibatnya, tidur mereka menjadi kurang berkualitas atau bahkan tidak bisa tidur. Nah, jika Mam mengalami hal tersebut, berikut cara agar Mam bisa tidur cepat saat hamil.

Temukan Posisi Tidur yang Baik

Karena perut yang besar, mungkin Mam merasa kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang tepat. Bagi ibu hamil, sebaiknya miringkan badan ke kiri. Hal ini berfungsi untuk memaksimalkan aliran darah yang mengandung oksigen ke plasenta. Begitu juga dengan nutrisi dalam darah. Agar Mam lebih merasa nyaman, tekuk kedua lutut dan beri ganjalan berupa guling atau bantal di antara kedua kaki.

Mandi dengan Air Hangat

Suhu udara yang dingin terkadang bisa menyebabkan Mam susah tidur. Mandilah dengan air hangat jika perlu, berendam di bathup yang sudah diberi cairan khusus beraroma herbal atau aroma terapi sehingga akan memberikan efek tubuh dan pikiran rileks. Efek ini kemudian akan terbawa hingga Mam selesai berendam sehingga akan mudah untuk tidur. Pikiran yang tenang diperlukan agar Mam bisa tidur nyenyak.

Minum Susu Hangat

Susu mengandung senyawa tertentu yang disebut tryptophan. Senyawa ini mampu menstimulasi otak untuk memproduksi hormon serotonin. Serotonin mampu membuat kita merasa senang. Dengan meminum susu, maka Mam mampu meningkatkan kadar serotonin ini sehingga pikiran menjadi rileks dan tenang. Cara ini adalah cara ampuh agar Mam bisa segera tertidur dengan pulas.

Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Manfaat tidur siang tidak sama dengan tidur di malam hari. Jika Mam memang merasa lelah dan ingin tidur di siang hari, boleh-boleh saja dilakukan, tapi jangan terlalu berlebihan. Jika Mam tidur siang terlalu lama, hal ini bisa membuat Mam kesulitan tidur di malam hari. Sebaiknya lakukan aktivitas lain di siang hari seperti menonton televisi atau membaca buku.

Pastikan Udara di Rumah Bersih dan Segar

Bisa jadi kesulitan yang Mam alami menjelang tidur karena kondisi udara yang pengap, berdebu, dan bau. Tak ada salahnya untuk membersihkan ruangan dari debu yang kotor. Selain itu, pastikan juga ruangan tempat Mam tidur memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga tidak lembap. Udara yang bersih dan segar akan membantu Mam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Lakukan cara-cara di atas dan Mam pun akan segera tertidur dengan pulas walau dalam kondisi hamil sekalipun. Tidur penting untuk ibu hamil karena dengan begitu Mam bisa membangun kembali energi untuk beraktivitas. Tidur juga akan memulihkan daya tahan tubuh sehingga Mma harus selalu berusaha untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

 

Baca Juga: 

Manfaatkan Gadget untuk Jualan Online

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :